Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Sosialisasi Pengawasan Pastisipatif Pemilu, Tekankan Masyarakat Terlibat Aktif

Diskominfo Palopo Kamis, 12 Oktober 2023 Pemerintahan 462 Kali
Sosialisasi Pengawasan Pastisipatif Pemilu, Tekankan Masyarakat Terlibat Aktif

PALOPO - Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palopo, Drs. Ruslan, M.Si., mewakili Pj. Wali Kota Palopo menghadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Kepada Masyarakat. Sosialisasi yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan itu dilaksanakan di Palopo Beach Hotel, Kamis, 12 Oktober 2023.

Dari laporan panitia pelaksana yang disampaikan Muh. Syarif, sosialisasi itu dilatarbelakangi Bawaslu sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi proses pemilu, membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktifitas pengawasan.

Bawaslu mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dan berpartisipasi dalam setiap tahapannya (pemilu).
"Keterlibatan masyarakat tidak hanya sekedar datang dan memilih, tapi juga melaksanakan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi serta melaporkan kecurangan tersebut kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses pemilu dan menindaklanjuti dugaan pelanggaran pemilu", ungkapnya.

Lanjutnya, sosialisasi itu juga dimaksudkan memperkenalkan lembaga Bawaslu kepada masyarakat untuk lebih mengenal, memahami tugas dan kewenangan Bawaslu, agar terjalin hubungan antara Bawaslu dengan masyarakat untuk bersama sama menekan potensi pelanggaran pemilu untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis.

Koordinator pencegahan dan partisipasi masyarakat Bawaslu provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Saiful Jihad. M.Ag.,menyampaikan bahwa Pemilu adalah hak kita, karena memalui pemilihan umum, kita, masyarakat bisa hadir untuk mengimplementasikan, mewujudkan kedaulatan negara.
Kenapa?, karena melalui pemilu ini masyarakat dengan bebas sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa intimidasi tanpa mobilisasi hadir untuk memilih siapa yang dianggap sebagai pemimpin kedepan.

Menurutnya, pemilu adalah repsentasi dan implementasi dari kedaulatan rakyat maka pemilu ini mesti dijaga sama-sama oleh semua masyarakat.
'Pemilu kita ini harus menghadirkan pemilu yang damai, seperti orang yang berpesta, senang, gembira, ada kesejukan. Tapi didalam itu juga ada kualitas yang harus kita jaga bersama", jelasnya.

"semua elemen masyarakat, ayo kita semua sama-sama kawal prosesnya, bukan hanya hasil, tapi mulai dari proses harus kita kawal karena hasil itu lahir dari sebuah proses jika prosesnya baik maka insya Allah akan menghasilkan yang baik", jelasnya.

Sementara itu, Asisten I setda kota Palopo yang hadir mewakili Pj. Wali Kota Palopo, ditemui disela-sela kegiatan, mengungkapkan bahwa kita (Pemkot Palopo) sangat dukung dan apresiasi sosialisasi yang digelar Bawaslu Prov. Sulsel ini, terlebih kota palopo ditunjuk sebagai salah satu tempat pelaksanaan kegiatan dari semua kab/kota yang ada di Sulsel.
Lanjutnya, sebagaimana yang selalu ditekankan Pj. Wali Kota bahwa ASN dikota Palopo betul-betul harus memperlihatkan dan menunjukkan sikap netralitas terhadap pelaksanaan pemilu.
"In Sya Allah, jika semua ASN memberikan contoh dan menjadi tauladan yang baik, semua (masyarakat) akan meneladani kita. Olehnya itu kita sangat berharap pelaksanaan pemilu di kota palopo ini bisa berjalan dengan Juber dan jurdil sehingga perwujudan demokrasi bisa berjalan dengan baik", jelasnya.

Hadir pula pada kegiatan itu unsur Forkopimda kota palopo, koordinator divisi pencegahan dan partisipasi masyarakat kota palopo, Bawaslu kota Palopo dan jajarannya, utusan Perguruan tingg,i tokoh masyarakat Organisasi kemahasiswaan dan para penggiat pemilu serta undangan lainnya.