Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pengukuhan Satgas Peduli Kota, Tahun 2023.

Diskominfo Palopo Jumat, 18 Agustus 2023 Kesra 578 Kali
Pengukuhan Satgas Peduli Kota, Tahun 2023.

PALOPO - Walikota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH., Menjadi pembina Apel siaga sekaligus pengukuhan satuan tugas (satgas) peduli kota, tahun 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan di Sirkuit Ratona Motor Sport Palopo, Kelurahan Songka, Jum'at, 18 Agustus 2023.

Satgas tersebut dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Walikota Palopo Nomor :100.3.3.3/I/BHukum Tentang Pembentukan Satuan Tugas Peduli Kota Kota Palopo Tahun 2023.
Berdasarkan keputusan itu, satgas dibentuk terdiri dari 20 orang pada setiap kelurahan. Ke-20 orang itu dipilih dan diangkat langsung lurah melalui keputusan lurah dan berlaku sejak bulan Januari tahun 2023.

Dalam apel tersebut, para satgas mengucapkan ikrar.

Adapun Ikrar satgas peduli kota yakni :
1. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945
2. Menjaga dan memelihara ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta peduli terhadap kebersihan lingkungan.
3. Menjalankan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat dan membantu menyukseskan program pemerintah.
4. Senantiasa menjadi garda terdepan terhadap penanggulangan bencana serta deteksi dini terhadap permasalahan masyarakat.
5. Komitmen, konsisten, loyal, dan tegak lurus kepada Walikota Palopo.

Walikota Palopo dalam amanatnya mengungkapkan bahwa dirinya juga pernah mencanangkan relawan anti narkotika, terorisme dan radikalisme. Dan Alhamdulillah itu banyak manfaatnya, saat ini kita bentuk lagi seakan-akan lain, tapi sebenarnya tugas tugasnya sama, malah lebih diperluas, lebih diperlebar lagi.

Walikota meminta keberadaan kita ini (satgas) agar membuat masyarakat gembira, maka kita harus memperlihatkan eksistensi kita, bahwa keberadaan kita memang membawa manfaat bagi masyarakat. Keberadaan kita dibutuhkan oleh masyarakat pada suatu keadaan. Kita ini adalah matanya polisi, telinganya tni, dan batang tubuhnya walikota.

"Kita mau hal yang membutuhkan penanganan, dapat tertangani dengan baik
Karena sudah banyak mata, sudah banyak telinga yang kita pasang, yang diberi kewenangan, diberi amanah untuk melakukan penanganan keadaan tertentu yang telah menjadi uraian tugas kita sebagai satgas. Kita mau melihat Palopo jauh lebih baik daripada hari ini,"

"Keamanan, ketertiban kebersihan tidak akan terwujud jika tidak ada kebersamaan dan kita disini mempersatukan otak kita untuk mewujudkan itu," kuncinya.

Hadir pada kegiatan itu Kabag ops polres Palopo yang mewakili Kapolres, Danramil yang mewakil Dandim 1403 Palopo, Staf Ahli Walikota bidang hukum dan pemerintahan, sejumlah pimpinan perangkat daerah, camat dan lurah serta para anggota satgas peduli kota