Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Menteri Lingkungan Hidup semangati kader Pramuka

Diskominfo Selasa, 19 November 2019 Kesra 933 Kali
romboingan Pramuka Palopo saat pembukaan acara di Cibubur ( foto : Awalany Azhar_Diskominfo Palopo

Palopo – Sebanyak 2.594 kader Pramuka se-Indonesia ikut ambil bagian pada pelaksanaan perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti di Cibubur, Jakarta Timur.  Pada kesempatan itu rombongan dari Provinsi Sulawesi Selatan terdapat sebanyak 284 kader pramuka dan didalamnya terdapat 24 orang kader Kwarcab Pramuka Kota Palopo yang dipimpin langsung  Wakil Wali Kota Palopo yang juga sekaligus Ketua Kwarcab Palopo, DR.H.Rahmat Masri Bandaso.   Acara yang akan berlangsung selama sepekan tersebut, dibuka secara resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Sitti Nurbaya Bakar, pada hari Selasa(19/11/2019) yang ditandai dengan pemulukan gong.

Pada kesempatan itu, Menteri lingkungan hidup dan kehutanan mengingatkan serta mengajak para kader Pramuka se-Indonesia agar senantiasa melaksanakan gerakan sosial yang kuat dan secara meluas dalam mewujudkan  kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan hidup. Menurutnya generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka harus mampu memberi contoh semangat dalam mencintai alam dan mewujudkan kasih sayang sesama manusia. “ Saya  mengajak generasi muda bangsa ini agar terus memanfaatkan potensi alam dalam rangka menghasilkan kreasi yang dapat dikembangkan untuk menjadi sebuah potensi ekonomi “ ujarnya seraya menggambarkan bahwa sesungguhnya jika ditekuni dengan serius, setiap orang minimal mampu menanam 25 pohon seumur hidupnya dengan perhitungan yaitu 5 pohon saat menempuh pendidikan di sekolah dasar, 5 pohon saat SMP, 5 pohon saat SMA , 5 pohon saat kuliah dan 5 pohon saat menikah.

Pada acara perkemahan yang juga diikuti sejumlah utusan dari luar negeri tersebut, menteri lingkungan hidup juga mengajak kader pramuka untuk menyikapi secara bersama permasalahan perubahan iklim secara global. Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso yang turut hadir pada pembukaan perkemahan yang  mengusung tema “ Lestarikan bumi , Sejahterakan masyarakat “ tersebut menyampaikan pesan agar kader Pramuka Kota Palopo yang ikut pada event itu dapat mengharumkan nama baik Kota Palopo pada tingkat nasional. Turut hadir mendampingi Wawali pada kesempatan itu yakni pengurus Kwarcab Palopo dan plt. Kadis Lingkungan Hidup Kota Palopo, Drs,Rachmad, M.Si. (Awalany Azhar_Red_Herawan_Diskominfo Palopo )