Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Siap-siap Pemilu Serentak 2024, KPU Palopo Gelar Simulasi Pungut-Hitung Suara

Diskominfo Palopo Sabtu, 23 Desember 2023 Pemerintahan 1223 Kali
Siap-siap Pemilu Serentak 2024, KPU Palopo Gelar Simulasi Pungut-Hitung Suara

PALOPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 yang dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palopo Drs. Hasta, M.Si dalam hal ini mewakili Penjabat Wali kota Palopo di tribun lapangan pancasila kota palopo, Sabtu 23 Desember 2023.

Sambutan Ketua KPU Palopo yang diwakili oleh divisi perencanaan, data dan informasi Iswandi Ismail, S. An menyampaikan pelaksanaan simulasi dan pemungutan suara ini dilakukan untuk mencari gambaran seperti apa kondisi pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 februari 2024.

Disini kita dapat melihat setiap pemilih membutuhkan berapa lama waktu untuk menyelesaikan pencoblosan itu.

Kita akan simulasikan empat jenis surat suara yaitu DPRD kab/kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD nantinya kita melihat langsung tata cara pemungutan suara ini.

Sebelum pemungutan suara dimulai, Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang telah hadir.

Petugas kemudian mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara, lalu dihitung. Kemudian, Petugas KPPS menjelaskan teknis pemungutan suara, jenis surat suara, hingga hal-hal yang dilarang dilakukan saat pemungutan suara.

Simulasi kemudian berlanjut ke pencoblosan, dimana petugas KPPS memanggil satu per satu nama pemilih. Selesai mencoblos, pemilih diarahkan menuju kotak suara dan mencelupkan jarinya ke tinta berwarna ungu.

Turut dihadiri Forkopimda kota palopo, jajaran KPU kota Palopo, ketua dan pengurus partai politik serta PPK dan PPS kota palopo.