Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pacu ketahanan pangan dengan teknologi

Diskominfo Senin, 25 November 2019 Pembangunan 1608 Kali
Suasana pelaksanaan Rakor ketahanan pangan ( foto : Irwandi_Diskominfo Palopo )

Palopo- Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Ketahanan pangan Kota Palopo menggelar rapat koordinasi dewan ketahanan pangan, Kamis(21/11/2019) di auditorium Saokotae, rumah jabatan Wali Kota Palopo. Rakor yang mengusung tema “ mewujudkan ketahanan pangan melalui pengaturan pembinaan dan pengawasan bagi seluruh subsistem pangan “ tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Perdagangan, Zulkifli halid yang pada kesempatan itu mewakili Wali Kota Palopo.  Dalam sambutannya, Wali Kota mengingatkan bahwa kedepan pemenuhan kebutuhan pangan tidak akan dilepaskan dari peran teknologi, namun demikian dirinya berharap agar teknologi yang digunakan dalam pegembangan pemenuhan kebutuhan pangan haruslah yang ramah lingkungan.

Dirinya juga berharap agar program pemenuhan kebutuhan pangan selain memenuhi gizi seimbang ,juga harus bertumpu pada norma budaya dan agama.   

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, plt.kadis ketahanan pangan Palopo,  Hj.Hadisya,S.Pi mengatakan pelaksanaan rapat koordinasi dewan ketahanan pangan kota palopo bertujuan untuk menyerap aspirasi dari stakeholder terkait pelaksanaan program ketahanan pangan secara menyeluruh dan berkelanjutan di Kota Palopo.  Hadisyah juga mengatakan rakor itu sebagai wadah evaluasi terhadap sejumlah program ketahanan pangan yang meliputi aspek ketersediaan distribusi, konsumsi dan keamanan pangan serta kewaspadaan terhadap kerawanan pangan.

Dirinya juga meyakinkan bahwa dinas yang dipimpinnya telah konsen melaksanakan sejumlah kegiatan yang dapat mendukung peningkatan ketahanan pangan di Kota Palopo seperti pembuatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL), lumbung pangan masyarakat (LPM), Obor Pangan Lestari (OPAL), peta kerentanan terhadap kerawanan pangan(FSVA) dan  pembentukan tim jejaring keamanan pangan.

Adapaun pemateri yang mengisi materi pada rakor tersebut yaitu Ir.H. Andi Agustan,MP analasis ketahanan pangan DKPTPH Prov.SulSel, Kadis pertanian Andi Bahktiar, kadis perikanan Palopo Hj.Nurleli, dan kepala kantor Bulog cabang Palopo.( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )