Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

KUR Nelayan tanpa agunan

Diskominfo Kamis, 30 Januari 2020 Kesra 1299 Kali
Suasana pelaksanaan sosialisasi KUR ( foto : DPK_Diskominfo Palopo )

Palopo – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha budidaya hasil kelautan, Dinas Perikanan dan kelautan Kota Palopo bekerjasama dengan Bank Sulselbar cabang utama Kota Palopo menggelar sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di ruang rapat Dinas Perikanan Kota Palopo, Kamis ( 30/1/2020). Kepala Dinas Perikanan Kota Palopo Hj. Nurlaeli Kaso, S.Pt., MP menyebutkan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat di daerah pesisir Kota Palopo khususnya para nelayan.

“Dengan adanya program KUR ini diharapkan mampu membantu permodalan para nelayan, pengusaha budidaya rumput laut dan pengolah hasil perikanan yang ada di kota Palopo” ucapnya.  Nurlely menuturkan bahwa segmentasi  yang bisa mengakses KUR dibagi menjadi 3 yaitu untuk nelayan, pembudidaya ikan dan rumput laut yang ada di Kota Palopo serta kelompok pengelolah perikanan. Ia menambahkan pada dasarnya untuk memperoleh KUR ini tidak di batasi, siapapun boleh yang penting mereka memenuhi syarat diantaranya memiliki Usaha Kecil Menengah (UKM). Menariknya, jumlah bantuan KUR yang dapat diperoleh yakni sebanyak Rp 5 sampai 50 juta tanpa agunan sama sekali dan melalui proses yang sangat mudah. 

Namun demikian, Nurleli mengingatkan bahwa pihaknya akan terus memantau sertas melakukan pendampingan agar nantinya tidak ada kejadian kredit macet. “ Insya Allah kami akan kerahkan para penyuluh perikanan yang tersebar di masing-masing wilayah binaan mereka untuk melakukan pendampingan dan pembinaan dengan harapan usaha para nelayan dapat lebih baik dan bisa menghasilkan secara maksimal sehingga bisa membantu mengembalikan kreditnya dengan tepat waktu.  Hal senada diutarakan oleh Kabid Perikanan budidaya, Dewa Gau yang meyakinkan bahwa pihaknya akan tetap memberikan stimulan kepada kelompok penerima KUR serta melakukan pengawasan secara langsung di lapangan untuk mengetahui perkembangannya apakah sesuai dengan teknik pengolahan.

Sementara itu, Akmal salah satu pelaku usaha budidaya rumput laut di Kel Songka mengapresiasi kinerja Dinas Perikanan Kota Palopo, menurutnya Dinas Perikanan telah banyak membantu nelayan dan pelaku usaha budidaya rumput laut yang ada di Kota Palopo.  Sebelumnya, Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Perikanan Kota Palopo telah menyalurkan bantuan senilai Rp. 2,064 Miliar kepada ratusan nelayan dan pelaku usaha budidaya hasil kelautan. Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut Asisten III Setda Kota Palopo dr Ishaq Iskandar, M.Si , perwakilan Bank Sulselbar  Cab. Palopo dan sejumlah nelayan serta pelaku usaha budidaya hasil kelautan. (Ichzan_Diskominfo Palopo/ Ayu Anastasya_Risdayana/PDK)