Palopo – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan pengoperasian Mall Pelayanan Publik ( MPP ) Kota Palopo, kamis(2/5/2019).  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Farid Kasim Judas, menegaskana bahwa ini Mall pelayanan publik Kota Palopo adalah yang pertama kali di Sulawesi Selatan. Keberadaannya menjadi spirit baru bagi Sulawesi Selatan. “ Kedepan MPP tidak akan sampai disini kami akan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan era modernisasi sehingga kita dapat lebih akuntabel dalam melayani masyarakat ‘ tuturnya seraya meyakinkan bahwa pada tahun 2020 pihaknya akan mewujudkan MPP plus.   Dalam penyampaiannya Farid Kasim juga berharap dengan adanya MPP ini dapat bermanfaat dalam hal membantu masyarakat di Kota Palopo ini dalam rangka mendapatkan pelayanan publik.

Sementara itu, Asisten Deputy koordinasi pelaksanaan kebijakan dan evaluasi pelayanan publik Wilayah III Dra. Damayanti Tyastianti , M.Q.M menyebutkan keberadaan MPP dapat lebih cepat mudah dan nyaman, ia berharap maindset aparatur negara harus diubah dari yang dilayani menjadi harus dilayani, MPP pada prinsipnya mengintegrasikan pelayanan dalam 1 (satu) tempat dengan berbagai pelayanan. " Hadirnya MPP tidak serta merta menghapus dinas penanaman modal terpadu dan satu pintu melainkan memperlebar, kita harus mempertahankan eksistensi dan menjaga kualitas pelayanan publik ini dan itu adalah tantangan yang sangat penting untuk MPP" ucapnya.

Sejalan dengan itu, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST mengatakan bahwa Kota Palopo masih membutuhkan 1 (satu) server yang bisa terkoneksi di setiap dinas yang terkait agar lebih memudahkan pelayanan dan juga mengurangi penggunaan kertas yang tidak menutup kemungkinan berdampak untuk kita kedepannya. "Kota Palopo adalah tempat yang strategis untuk MPP karena saya juga melihat kota Palopo ini sebagai kota pendidikan dimana terdapat beberapa universitas dan perguruan tinggi" tuturnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Wali Kota Palopo H.M Judas Amir menyebutkan prinsip MPP ini adalah mengintegrasikan semua pelayanan publik baik di pusat, provinsi, kabupaten BUMN/BUMD dan pihak swasta.  Judas Amir juga berharap MPP ini mampu menjawab pesimisme masyarakat kota Palopo terhadap kualitas pelayanan publik pemerintah. "MPP diciptakan untuk kemudahan dan kecepatan layanan, disamping itu saya juga mengharapkan MPP Ini menjadi angin segar bagi iklim investasi di kota Palopo" ucapnya.  (Ichzan_Diskominfo Palopo)