Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Lihat Potensi Pariwisata, Pj Wali Kota Palopo Kunjungi Wara Barat

Diskominfo Palopo Jumat, 19 April 2024 Pariwisata 89 Kali
Lihat Potensi Pariwisata, Pj Wali Kota Palopo Kunjungi Wara Barat

Palopo, 19 April 2024 - Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., Kelurahan Battang dan Taman Wisata Alam (TWA) Nanggala III, Jum'at,(19/4/2024).

Kunjungan itu untuk melihat langsung sejumlah potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, sehingga bisa menumbuhkan iklim investasi dan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat

Di lokasi pertama, di Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Pj Wali Kota bersama rombongan mengunjungi Goa Kalo Dewata.

Goa alam ini dulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan, sekaligus untuk penyergapan musuh oleh para pejuang pada zaman penjajahan tentara Jepang dan Kolonial Belanda.

Selanjutnya, Asrul Sani bersama rombongan, melanjutkan mengunjungi TWA Nanggala III di Kelurahan Battang Barat, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Toraja Utara.

Dilokasi TWA Nanggala itu terdapat objek wisata Bukit Sampuna. Objek wisata yang menyediakan spot foto ini memiliki pesona panorama yang menawan.

Di bukit Sampuna ini juga disediakan gazebo dan camping ground. Bukit Sampuna sendiri dikelola Kelompok Tani Hutan Konservasi sejak tahun 2022.

Hekar, Ketua Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) To' Jambu I, berharap, objek wisata yang dikelola itu bisa semakin dikenal.

"Semoga dengan semakin dikenal, sehingga pengunjung yang datang semakin meningkat," kata Hekar.

Sementara itu, Asrul Sani, memuji keberadaan objek wisata Sampuna. Menurutnya, dia baru mengetahui bahwa di Kota Palopo ada objek wisata sekeren Bukit Sampuna.

"Ternyata ada objek wisata keren di sini. Baru saya tahu saat kunjungan ini," kata Asrul Sani.

Ke depannya, kata Asrul, apapun yang bisa mendatangkan investasi, itu akan dikembangkan agar bisa membuka peluang usaha.

"Kita akan bukakan jalan kepada warga, baik itu dengan memberikan pendampingan atau upaya-upaya lainnya untuk bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada," katanya.

Dalam kunjungan itu, Pj. Wali Kota didampingi Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Lamasi Unit VIII, Leksy Juna Palili S.Hut.

Selain itu, ada Kadis Pariwisata dan Ekraf Kota Palopo, Ade Chandra, Kadis DPMPTSP Kota Palopo, Syamsuriadi Nur, Sekretaris Dinas Perindustrian, Camat Wara Barat, serta pendamping lainnya.