PALOPO - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palopo, melakukan sosialisasi / pembinaan dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kelurahan Mungkajang Kota Palopo. Pembentukan KIM ini adalah untuk mengajak masyarakat mengolah informasi dengan cerdas dan bijak, serta mencegah penyebaran berita bohong, atau hoaks. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di kelurahan Mungkajang Kota Palopo. Senin (22/02/2021).

Kepala Dinas Diskominfo Kota Palopo, Baso Akhmad, SH, mengatakan maraknya berita hoaks menjadi salah satu alasan, mengapa pentingnya pendirian KIM ini, untuk itu perlu dilakukan pembentukan kelompok informasi masyarakat.

"Guna meningkatkan  kemampuan masyarakat dalam mengakses informasi, KIM juga memiliki fungsi sebagai wahana informasi, baik antara anggota, kepada masyarakat , maupun kepada pemerintah. Selain itu KIM juga dapat berfungsi sebagai mitra dialog dengan pemerintah, dalam merumuskan kebijakan." Paparnya.

KIM dibentuk  untuk mewujudkan masyarakat yang inovatif, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi. 

Drs. Abdul Rahman Tambi Kahar, selaku Kepala Bidang Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, yang juga turut serta mendapingi Kepala Dinas Kominfo, menambahkan, “ saya berharap kedepannya KIM juga dapat menjadi lembaga yang memiliki nilai ekonomi, jika misalnya mampu membuat media yang dapat menarik iklan, sehingga memiliki pendapatan,” kata beliau sambil tersenyum akrab, dengan peserta yang rata rata adalah Ibu Rumah Tangga (IRT). Menyimak dan sesekali bertanya tentang sosialisasi Kim ini.

Animo masyarakat  menyambut baik, dengan adanya pembinaan/sosialisasi pembentuman Kelompok Informasi Masyarakat, pada kelurahan Mungkajang kecamatan Mungkajang ini, dapat memberikan sinergi yang baru, tentang penyampaian pendapat dan bijak dalam  menyikapi suatu informasi. (*)