Palopo – Salah satu program unggulan KONI Palopo kembali dihelat yaitu Pekan Olahraga Kota (PORKOT ) Ke- II tahun 2019 yang dilaksanakan  tanggal 14 sampai dengan 17 November 2019 dengan mempertandingkan sebanyak 6 ( enam ) cabang olahraga .  Pembukaan PORKOT digelar di pelataran Gedung Olahraga La Galigo- Palopo, Kamis (14/11/2019).  Sebanyak 451 atlet dari perwakilan kecamatan se-Kota Palopo berlomba merebut prestasi dan prestise, diantaranya pada cabang olahraga menembak, bola basket, catur sepak takraw, pencak silat dan tenis meja.

Menurut ketua KONI Palopo, Hairul Salim, SE bahwa event pada PORKOT II tahun 2019 jumlah cabor yang dipertandingkan bertambah satu dari tahun lalu yang hanya memperlombakan sebanyak 5 ( lima ) cabang olahraga. Kedepan, pihaknya juga akan merekomendasikan sejumlah regulasi yang dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan PORKOT khususnya pelibatakan kalangan pelajar dan mahasiswa dalam menyukseskan event tersebut. Dirinya berharap dengan pelaksanaan PORKOT dapat menjadi wahana untuk menyiapkan dan mematangkan kemampuan para atlet Kota Palopo dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2020 yang akan dipusatkan di Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba. Pada kesempatan itu, Elung begitu sapaan akrabnya menuturkan bahwa pada bulan Desember 2019 KONI juga akan menggelar “ Palopo Run 2019 “ yang nantinya akan melibatkan sebanyak 1.000 peserta dari berbagai kalangan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso berharap agar PORKOTdapat menjadi wadah untuk mempererat semangat persatuan dan kesatuan.  Dirinya juga menyampaikan komitmen pemerintah Kota Palopo untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantias dunia olahraga di Kota Palopo. “ Insya Allah kita akan berupaya membangun dan melengkapi sarana dan prasarana olahraga di kota ini “ ujar mantan ketua DPRD Palopo tersebut.  Ia juga berharap agar momentum FORKOT dapat semakin meningkatkan rasa kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi setiap event keolahragaan . Kasdim 1403 Sawerigading Mayor M.Pagasing beserta Wakil Ketua DPRD Irvan ST, camat Wara dan sejumlah ketuan Pengcab tampak hadir dalam kesempatan tersebut.( Nunu Purwati_DIskominfo Palopo )