Palopo- Wakil Wali Kota Palopo H.Rahmat Masri Bandaso (RMB) mengingatkan generasi muda Palopo agar senantiasa mampu memfilter seni dan budaya dari luar negeri yang dapat mempengaruhi perkembangan budaya dalam negeri. Dirinya menegaskan bahwa jangan sampai budaya luar negeri justru mengganggu seni budaya dalam negeri yang telah tumbuh dan berkembang dengan baik.  Penegasan itu disampaikan oleh mantan ketua DPRD Palopo tersebut ketika menyampaikan sambutan pada acara peringatan Milad ke-IV Sanggar Seni Serumpun STIKES Luwu Raya di aula SMK Kristen Palopo, sabtu(20/4/2019).   

RMB juga mengabarkan bahwa pemerintah Kota Palopo mengapresiasi upaya sejumlah sanggar seni untuk menjaga eksistensinya dalam mengembangkan karya seni budaya.   Dirinya berharap agar kedepan eksistensi sanggar budaya dapat dipertahankan dan dapat menggelar pentas seni budaya secara kontiyu.  “ Terus kembangkan seni dan budaya di Kota Palopo sebagai salah satu upaya menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kota kita “ ujarnya seraya meyakinkan bahwa pengembangan seni budaya dapat mendorong pengembangan perekonomian daerah.

Sementara itu, Petrus selaku ketua panitia kegiatan mengatakan sanggar seni serumpun adalah representasi penyatuan perbedaan suku dan agama dalam kegiatan dunia seni budaya. Dalam pementasan tersebut pihaknya menampilkan sejumlah tari kreasi tradisional, dance modern, drama musical, puisi dan musik. ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )