Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah

Diskominfo Palopo Senin, 28 November 2022 Kesra 364 Kali
Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah,28/11/2022

PALOPO – Walikota Palopo, Drs. H.M Judas Amir. MH, bersama Forkopimda dan Jajaran Pemkot terkait, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah, oleh Kementerian Dalam Negeri, secara virtual Hybrid, di Ruang Kerja Walikota, Senin 28 November 2022.

Laporan Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., beliau mengatakan bahwa provinsi yang inflasi nya terendah yaitu Sulawesi Utara 4,65% , Kabupaten Blitung,  inflasinya terendah 4,92%, dan Provinsi Jambi 7,17%,  termasuk inflasinya tinggi.

“Kepada kepala daerah yang inflasinya diatas nasional sistem di Kemendagri untuk perijinan keluar negeri, pasti ditolak, dan untuk penentuan pejabat Provinsi yang bagus dalam pengendalian inflasi, maka usulan gubernur untuk di Akomodir.” Ujarnya.

Bapak Setianto, selaku Kepala Deputi  Bidang statistik dan Distributor Jasa,  menyampaikan bahwa perkembangan harga 20 Komoditas Pangan, pada bulan November 2022.  Tren Kenaikan inflasi di dorong naiknya permintaan komsumsi momen ramadan dan idul fitri, permintaan komsumsi moment natal dan tahun baru serta dampak kenaikan harga BBM. Fluktuasi harga yang terjadi di luar ketiga moment tersebut. Lebih terganggunya pasokan, baik di hulu (sisi produsen), perantara (pedagang besar, distributor) maupun dihilir (spekulasi pada tingkat eceran)

Potensi Perkembangan  harga Pada bulan November 2022. Potensi inflasi terus membesar sejak minggu pertama hingga minggu Ke - empat bulan November". Perkembangan Harga di semua Kabupaten/Kota,  menunjukkan jumlah Kab/Kota yang berpotensi mengalami inflasi dalam bulan November terus bertambah.

Potensi inflasi di bulan November di sumbang oleh Jumlah Wilayah yang berpotensi inflasi, di banding yang berpotensi deflasi dan stabil.

Turut hadir dalam kegiatan ini WaliKota Palopo, Forkopimda, Sekertaris Daerah Kota Palopo serta tamu undangan lainnya. (Asraf/Nurul)