Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Maksimalkan Pajak Daerah, Bapenda Lakukan Sosialisasi Naskah Akademik Ranperda Pajak Dan Retribusi

Diskominfo Palopo Kamis, 19 Oktober 2023 Pemerintahan 411 Kali
Maksimalkan Pajak Daerah, Bapenda Lakukan Sosialisasi Naskah Akademik Raperda Pajak Dan Retribusi

PALOPO,- Asisten III Bidang Administrasi Umum Nuryadin, SH.,MH Mewakili Pj.Wali Kota Menghadiri Sosialisasi Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kota Palopo, Dilaksanakan Di Ruang Ruang Pertemuan Ratona Kantor Wali kota Palopo.Kamis (19/10/2023)

Laporan Kepala bidang Bapenda Mengatakan Dengan adanya undang-undang baru Nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah atau HKPD.Restrukturisasi pajak juga dilakukan dengan penambahan opsen pajak BBNKB dan opsen PKB sebagai penerimaan baru.

Opsen BBNKB dan opsen PKB diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pendapatan daerah dalam mendukung pengelolaan keuangan daerah yang lebih berkualitas dengan perencanaan penganggaran dan Realisasi APBD.

Opsen pajak diharapkan dapat meningkatkan kemandirian daerah mengoptimalkan penerimaan pajak tanpa menimbulkan beban tambahan bagi wajib pajak.ujarnya

Sambutan Penjabat Wali kota yang di wakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Beliau Menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Insitut IAIN Palopo atas Kerjasamanya dengan Pemerintah Kota Palopo Dalam Penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah tentang pajak daerah dan Retribusi Daerah.

Dengan Adanya Perubahan undang-undang 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah melalui undang-undang 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah (UU HKDP) yang mengatur tentang pemungutan pajak daerah dan Retribusi daerah.

UU HKDP ini merupakan penguatan lokal taxing yang di bangun dari pengembangan sistem yang mengembangkan simplifikasi dan integritas Dalam rangka Mendukung optimalisasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah yang dapat meningkatkan pendapatan pajak daerah dan Retribusi (PDIP) Bagi Kota Palopo.

Kegiatan sosialisasi naskah Akademik Rancangan Peraturan daerah pajak daerah dan Retribusi daerah Kota Palopo 2023 ini sangat penting bagi masyarakat Kota Palopo.

"Mari Kira laksanakan sosialisasi naskah akademik rancangan Peraturan daerah pajak daerah dan retribusi daerah Kota Palopo tahun 2023"agar masyarakat Kota Palopo Kedepannya dapat memamahami betul tentang pajak daerah dan retribusi daerah untuk mendukung pembangunan Kota Palopo".ujarnya

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bapenda, Rektor IAIN , KA LP2M serta tamu undangan lainnya .