Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Gelar 'We Wettueng Lala Pratiwi' Diberikan Kepada Wakil Ketua MPR RI, Rara Lestari Moerdijat

Diskominfo Palopo Minggu, 24 Oktober 2021 Pemerintahan 765 Kali
Gelar We Wettueng Lala Pratiwi Untuk Wakil Ketua MPR RI, Rara Lestari Moerdijat, 24/10/2021 (Awalani

PALOPO - Saat kunjungan kerja di Kota Palopo, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Rara Lestari Moerdijat, berkunjung ke Istana Kedatuan Luwu. Kedatangannya ini, sekaligus sowan dengan Datu Luwu ke-40, Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau. Minggu (24/10/2021),

Di Istana Luwu, Rara Lestari, didampingi Walikota Palopo, Drs. H.M .Judas Amir MH, dan Ketua TP-PKK Palopo, dr. Hj. Utia Sari, mereka diterima langsung Datu Luwu dan Opu Pa'bicara Kedatuan Luwu, Andi Luthfi.

Sebelum masuk ke kawasan Istana Luwu, para tamu dan undangan menjalani swab test. Sesudah itu, rombongan Wakil Ketua MPR disambut secara adat berupa Tari Paduppa. Cinderamata yang diberikan Wakil Ketua MPR ke Kedatuan Luwu, diterima Maddika Bua. Oleh pihak Istana Luwu, Rara Lestari memperoleh gelar adat kehormatan "We Wettueng Lala Pratiwi" dari Kedatuan Luwu yang artinya bintang bercahaya menyinari bumi. 

Pada kesempatan tersebut Rara Lestari Moerdijat mengemukakan, catatan sejarah menunjukkan di tahun 1928 Kedatuan Luwu mengambil peran dan turut bersama para pemuda se Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari belenggu penjajah asing. (r_kominfo).