Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Dukung Pelaku Usaha/UMKM, Pemkot Gelar Sosialisasi Akselerasi Penyaluran KUR

Diskominfo Palopo Rabu, 13 Maret 2024 Pemerintahan 427 Kali
Dukung Pelaku Usaha/UMKM, Pemkot Gelar Sosialisasi Akselerasi Penyaluran KUR

Palopo, 13 Maret 2024 - Pemprov Sulawesi Selatan, bekerjasama dengan Pemkot Palopo, menggelar sosialisasi akselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sosialisasi penyaluran KUR kepada masyarakat sebagai tindaklanjuti dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 500.2.4/5743/SJ tanggal 26 Oktober 2023, tentang Akselerasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Rabu (13/03/2024).

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Pemprov Sulsel, Dr. Since Erna Lamba, menyampaikan, penjelasan terkait akselerasi penyaluran KUR.

Menurut Since Erna Lamba, langkah-langkah pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sampai ke tingkat bawah, diyakini dapat mendorong percepatan penyaluran KUR.

"TPAKD ini merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder, untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah," kata Since.

"Tentu hal tersebut dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Palopo, Drs.H. Firmanza, kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari para pelaku usaha dan UMKM, menyampaikan, melalui KUR pemerintah hadir dan memberi dukungan kepada para pelaku ekonomi.

"Terutama untuk memberi dukungan sebagai sumber pembiayaan bagi para pelaku ekonomi sektor UMKM potensial," kata Firmanza DP.

Pemerintah, kata Firmanza, mempunyai dana yang akan diberikan, yang akan disalurkan melalui KUR.

"Yang penting kita punya usaha dan ada keinginan untuk berkembang, ada keinginan untuk sejahtera, silahkan dimanfaatkan. Tentu dengan skema pengembalian yang sangat murah," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, masing-masing perwakilan perbankan yang menjadi penyalur KUR, memberikan penjelasan mengenai syarat dan skema penyaluran KUR.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Sulawesi Selatan, sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Turut hadir para pelaku usaha serta UMKM di Kota Palopo yang merupakan binaan perangkat daerah lingkup Pemkot Palopo.