Palopo- Salah satu komitmen jajaran Polres Palopo dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman, sejuk dan damai adalah dengan menggelar Focus Group Discuccion ( FGD ) yang diikuti oleh sejumlah unsure masyarakat, diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, Perguruan Tinggi, LSM dan berbagai elemen masyarakat.   Acara yang dilaksanakan di Hotel Agro Wisata Palopo tersebut juga turut dihadiri oleh unsure Forkopimda Palopo.

FGD tersebut menghadirkan lima (5) orang pemateri yang menyampailkan paparanya terkait dengan upaya untuk menyukseskan Pemilu 2019.  Materi pertama oleh Ketua STISIP Veteran Palopo Dr. Ilyas menerangkan empat (4) tipologi golput yakni golput teknis, golpuy politis, golput teknis-politis dan golput ideologi. Dalam paparannya dia berharap masyarakat tidak memilih golput. Sementara itu, kepala Kementerian Agama Drs. H. Usman, M.Ag berharap agar tidak terjadi provokasi dalam masyarakat, dan tidak ada upaya mobilisasi termasuk intervensi dalam kelompok masyarakat yang disinyalir dapat mengganggu kesuksesan Pemilu. Sedangkan ketua KPU Abbas, SH, MH dan Ketua Bawaslu Asbudi yang juga tampil menyajikan materi dalam kesempatan itu, sama-sama menjelaskan tata cara pemilihan umum yang baik dan benar serta menerangkan agar tidak terjadi praktik money politic dan black campaign pada Pemilu nanti. Asbudi menegaskan bahwa pihaknya tidak segan menindak para pelaku kecurangan Pemilu. Dirinya berharap ada partisipasi dan dukungan masyarakat agar segera melaporkan segala bentuk tindak kecurangan  Pemilu kepada Bawaslu yang disertai bukti kuat agar tidak menjadi fitnah ataupun hoax.

Sementara itu, Kapolres Palopo AKBP Ardianysah meyakinkan kesiapsiagaan jajarannya dalam menagamankan pelaksanaan Pemilu.  “ Polres Palopo siap menerjunkan kurang lebih 500 personil yang siap disebar diberbagai titik di Kota Palopo untuk menjaga ketertiban dan keamanan antara lain, TPS, PPK, Kantor KPU, kantor Bawaslu, dan beberapa titik penting lainnya di Kota Palopo “ ujarnya seraya menyampaikan bahwa jajaran TNI pun siap membantu dengan menerjunkan beberapa prajuritnya. ( Nunu Purwati / Ichzan Kasri_Diskominfo Palopo )