Palopo – Dalam rangka mewujudkan harapan Pemerintah Kota Paopo untuk meraih anguerah Parahita Eka Praya 2020, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak ( DP3A ) Kota Palopo menggelar pertemuan pendampingan pelaksanaan Pengarustamaan Gender ( PUG) yang diikuti oleh sejumlah perwakilan perangkat daerah di ruang pola Kantor Wali Kota Palopo, Selasa (3/12/2019 ).Menurut Kabid kesetaraan gender Dra.Hj.Lily Kaliso,M.Si bahwa PUG tersebut bertujuan untuk terwujudnya program strategis pembangunan yang berbasis pada pengarustamaan gender, sebagaimana yang termaktub dalam instruksi presiden nomor 9 tahun 2000 tentang pengarustamaan gender serta dijabarkan dalam Perda Kota Palopo nomor 3 tahun 2017 tentang pengarustamaan gender.  

Asisten III Setda Palopo dr.H.Ishak Iskandar saat mewakili Wali Kota pada ksempatan itu mengingatkan bahwa sesungguhnya pemerintah Kota Palopo telah pernah meraih anguerah Parahita Eka Praya pada tahun 2016 tetapi waktu itu masih kategori pratama, sehingga menurutnya pada tahun 2020 akan dicapai kategori madya dan utama.  Bukan itu saja, dirinya juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2018 Kota Palopo juga telah mewujudkan pencapaian predikat kota layak anak , dan itu pun perlu ditngkatkan kategori pencapaiannya menjadi kriteria madya. “ Untuk mewujudkan hal itu semua, kita perlu bersinergi terutama dalam rangka menyiapkan data valid “ tandasnya seraya menyampaikan apresiasi kepada jajaran DP3A Palopo yang selama ini telah berupaya melaksnakan sejumlah kegiatan yang diorientasikan bagi kaum perempuan. Menurutnya kaum perempuan adalah asset bangsa dan Negara yang butuh perhatian khusus.

Mantan kadis kesehatan Kota Palopo tersebut menekankan bahwa penghargaan anguerah Parahita Eka Praya bukanlah tujuan satu-satunya yang ingin dicapai, namun yang lebih utama adalah terwujudnya program pengarustamaan gender secara berkesinambungan. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )