PALOPO - Asisten III bidang administrasi umum dan keuangan setda yang juga selaku Jubir Covid-19 kota Palopo, dr. Ishaq Iskandar mewakili walikota Palopo bersama Kepala bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik, Abdul Rahman Tambi Kahar dari Dinas Kominfo Palopo mengikuti rapat koordinasi strategi komunikasi publik vaksinasi Covid-19. Rapat koordinasi tersebut diikuti secara virtual di Rumah Jabatan Saokotae Walikota Palopo, Selasa, 5 Januari 2020.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si menyampaikan peran penting Gubernur, Bupati dan Walikota serta jajaran pemerintah daerah dalam mendukung vaksin Covid-19 menjadi simbol keteladanan dalam penyuntikan perdana vaksin mendatang yang dipublikasi secara luas dan masif.

Selain itu, dalam pelaksanaan vaksinasi, dukungan pemerintah daerah provinsi, dan kab/kota diantaranya dukungan penyediaan tenaga kesehatan, tempat vaksinasi, gudang dan alat penyimpanan vaksin dan lain-lain. Selain melakukan sosialisasi nantinya, diharapkan juga memberikan pesan kepada masyarakat dan juga pelaksana pemberi vaksin terkait penerapan protokol kesehatan yang tetap dijalankan ketika proses vaksin dilakukan.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante S.Harbuwono mengatakan kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan mulai dilaksanakan pada pertengahan Januari 2021.

"Dengan proses vaksinasi pertama di Indonesia dengan tiga kelompok, dimana kelompok pertama yaitu pejabat publik, kelompok dua pengurus asosiasi profesi dan opinion leader kesehatan dan kelompok tiga tokoh-tokoh agama." Pungkasnya. (Tia_Diskominfo Palopo)