Palopo- Bertempat di Lapangan Gaspa Palopo, senin (4/2/2019) Jajaran Kodim 1403 Sawerigading dan Polres Palopo menggelar apel siap siaga Pemilu yang dirangkaikan dengan latihan simulasi pengamanan pemilu Presiden dan legislatif tahun 2019. Apel siaga tersebut tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1403 Swg Let.Kol Inf.Muh.Imasfy.  Pada simulasi pengamanan tersebut diperagakan pola pengamanan obyek vital seperti kantor KPU, Kantir wali kota, PLN.  Dengan menerjunkan personel dari satuan sabhara Polres Palopo yang tergabung dalam  unit pengendalian massa (Dalmas) lengkap dengan mobil watercanon dan dibantu oleh prajurit 1403 Swg dilaksanakan pola menghalau massa.  

Dalam pidatonya saat membuka acara tersebut, Dandim 1403 Sawerigading menyampaikan bahwa perkembangan dan dinamika situasi dan kondisi keamanan saat ini khususnya menjelang Pilpres dan Pileg yang akan diselenggarakan diseluruh wilayah  NKRI tentu semua itu butuh situasi dan kondisi yang kondusif, olehnya itu dirinya berharap agar simulasi atau latihan pengamanan tersebut dapat membantu upaya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan pada saat pelaksanaan pilpres dan pileg. “ Latihan ini sebagai bekal untuk membantu Polri dalam rangka mengamankan pelaksanaan pilpres dan pileg secara aman dan tertib “ tandasnya seraya mengingtatkan bahwa apel siap siaga itu bukan sekedar melaksanakan program dan perintah dari komando atasan, melainkan sebagai bagian tanggung jawab semua pihak dalam upaya mendukung dan menyukseskan kegiatan pilpres dan pileg agar berlangsung aman. .

Latihan pengamanan pemilu yang berlangsung sejak pagi dan berakhir pada pukul 11.00 Wita tersebut turut disaksikan oleh Kapolres Palopo, Wakapolres Palopo, Ketua KPU, ketua Bawaslu, Kajari Palopo, kepala Imigrasi dan sejumlah perwira TNI Polri se-Kota Palopo. ( Iksan _Diskominfo Palopo )