Palopo- Presiden Republik Indonesia ke-7 , Ir.Joko Widodo secara khusus mengunjugi Kota Palopo dalam lawatannya ke Sulawesi Selatan, ahad(23/12/2018).  Kunjungan tersebut terbilang istimewa karena dalam jadwal yang dirilis oleh protokol istana kepresidenan tidak mencantumkan Kota Palopo dalam daftar kunjungan. Namun koordinasi yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Palopo, H.M.Judas Amir, akhirnya orang nomor satu di tanah air ini pun meluangkan waktu sekitar hampir dua jam di Kota Palopo.

Kunjungan “ dadakan “ Joko Widodo di Kota Palopo diawali dengan santap siang bersama di salah satu rumah makan di seputaran kompleks Islamic centre Palopo. setelah itu, Presiden RI yang didampingi langsung oleh Wali Kota Palopo kemudian menuju masjid Jami` Tua Palopo untuk menunaikan sholat.  Setelah melaksanakan sholat, dengan didampingi oleh kepala Staf Kepresidenan, Jokowi kemudian mengarah ke lapangan Pancasila Palopo untuk menjumpai masyarakat dan aparat Pemerintah Kota Palopo.  

Salah satu agenda utama Jokowi di lapangan Pancasila adalah untuk meresmikan pembangunan gedung Kantor Wali Kota Palopo, namun agenda tersebut urung dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan membludaknya masyarakat yang memanfaatkan momen kunjungan tersebut untuk sekedara ber swafoto dengan Presiden Republik Indonesia. Sebelum tiba di Kota Palopo, sebelumnya Jokowi beserta rombongan menghadiri perayaan natal di Makale, Kabupaten Tana Toraja. Jokowi tiba di Tana Luwu melalui bandara I La Galigo.

Ini merupakan kunjungan kedua Presiden RI di Kota Palopo dalam lima tahun terakhir, sebelumnya p[ada tahun 2014 Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah mengunjungi Kota Palopo dan bahkan menghadiri acara penganuegarahan gelar adat kepadanya di istana kedatuan Luwu ( red_Nurul_Diskominfo Palopo ).