Palopo – Peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 di Kota Palopo  sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.  Salah satu rangkaian yang membuat peringatan hari bersejaran tersebut sedikit berbeda yakni dengan diadakannya zikir bersama oleh jajaran pemerintah Kota Palopo dengan kedatuan Luwu di istana Datu Luwu, sabtu malam ( 10/11/2018). Zikir bersama tersebut ditujukan untuk mendoakan keselamatan para pejuang dan syuhada bangsa yang telah membela bangsa dan negara Republik Indonesia. Turut hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Palopo beserta sejumlah kepala OPD dan jajaran kedatuan Luwu, dari TNI-Polri.  

Zikir bersama tersebut adalah merupakan rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan di Kota Palopo. sebelumnya pada pagi hari di lapangan Pancasila, Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH menjadi isnpektur upacara puncak peringatan Hari Pahlawan yang dalam kesempatan itu memnacakan sambutan seragam menteri sosial RI. Ia mengatakan bahwa peringatan ini harus dimaknai sebagai upaya untuk memunculkan kembali semangat baru dan mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari “ tuturnya.  Dirinya juga menekankan bahwa saat ini bangsa Indonesia membutuhkan sosok pemuda yang kokoh yag dapat  menonjolkan prestasi dan memiliki karakter berbudi luhur , percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial.

Usai menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan Pancasila, Wali kota bersama sejumlah pejabat, dan unsur Forkopimda melanjutkan agenda ziarah ke Taman Makam Pahlawan di kelurahan Salobulo, kemudian melakukan upacara pelarungan bunga di pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo serta beramah tamah dengan para legiun veteran di auditorium rumah jabatan Wali Kota Palopo . ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo)