Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Sosialisasi Program Kerja Tim Audit Stunting 2

Diskominfo Palopo Kamis, 16 Juni 2022 Kesra 595 Kali
Sosialisasi Program Kerja Tim Audit Stunting 2, 16/06/2022

PALOPO - Rapat Koordinasi penanganan stunting ke 2, digelar oleh Instansi teknis terkait di Kota Palopo. Dipimpin oleh Sekretaris Bappeda, Henri, Di Aula Bappeda. Kamis 16 Juni 2022. Jam 13.30 Wita - selesai.

Stunting adalah masalah anak pendek, yaitu salah satu permasalahan gizi yang menjadi fokus Pemerintah Kota Palopo.

Stunting adalah akibat status gizi yang buruk didasarkan pada indeks Panjang Badan/Umur atau Tinggi Badan/Umur, dimana dalam standar antropometri penilaian status gizi anak, hasil pengukuran tersebut berada pada ambang batas (Z-Score)<-2 SD sampai dengan-3 SD (pendek) dan<-3 SD (sangat pendek).

Stunting yang telah tejadi bila tidak diimbangi dengan catch-up growth (tumbuh kejar) mengakibatkan menurunnya pertumbuhan, masalah stunting merupakan masalah kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan meningkatnya risiko kesakitan, kematian dan hambatan pada pertumbuhan baik motorik maupun mental.

Melihat akan bahaya yang ditimbulkan akibat stunting, Pemerintah Kota Palopo berkomitmen menangani dan menurunkan Prevalensi stunting yang dibahas melalui rapat terbatas tentang Intervensi stunting yang di selenggarakan bersama  Tim Percepatan Penaggulangan  dan lencegahan stunting Kota Palopo, yang melibatkan stakeholder terkait.

Dalam rapat tersebut, membahas tentang perlunya memperkuat koordinasi dan memperluas cakupan program yang dilakukan oleh instansi terkait, untuk memperbaiki kualitas program guna menurunkan angka stunting di wilayah Kota Palopo.

Sudah masuk kedalam prioritas, adalah pemberian nutrisi tambahan bagi balita.

Dan juga untuk mengkaji kebijakan Fokus Gerakan perbaikan gizi ditujukan kepada kelompok 1000 hari pertama kehidupan, pada tatanan global disebut Scaling Up Nutrition (SUN).


Percepatan penurunan Stunting yang dilaksanakan secara holistik, integratif dan berkualitas, maka akan dilaksanakan Rapat Koordinasi Lanjutan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Palopo serta Rapat Koordinasi Tim Audit Kasus Stunting Kota Palopo.

Rapat tersebut, merupakan pemenuhan Aksi 2 Stunting (Rencana Kegiatan Integrasi Intervensi Gizi), Sosialisasi Program Kerja Tim Audit Stunting, dan dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Tim Audit Stunting. (r_kominfo).