Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Satkamling Diaktifkan Lagi Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Diskominfo Palopo Rabu, 21 Juni 2023 Kesra 995 Kali
Satkamling Diaktifkan Lagi Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

PALOPO - Walikota Palopo, Bapak Drs. H. M. Judas Amir, MH, menghadiri Apel Satkamling di Depan Polres Palopo pada hari Rabu, 21 Juni 2023

Kapolres Palopo, Bapak AKBP Safi’i Nafsikin, SH., SIK., MH. bertindak selaku Pemimpin Apel membacakan amanat dari Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya Apel Kasat Kamling.

Apel Kasat Kamling ini adalah untuk mempercepat upaya revitalisasi satkamling. Kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat terutama dalam pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa indonesia. tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi masyarakat.

Untuk itu Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling).

Dengan hadirnya Satkamling ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban dapat berjalan maksimal. Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa, oleh karena itu kehadirannya menjadi Polri Warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Turut Hadir Unsur Forkopimda, Kasi Intel Kejari Kota Palopo, Ketua Pengadilan Negeri Kota Palopo, Ketua KPU Kota Palopo, Bawaslu Kota Palopo, Dishub Kota Palopo, Satpol PP Kota Palopo, peserta apel Satkamling.