Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

PJ Wali Kota Sambut Kunjungan Kepala Basarnas Sulsel

Diskominfo Palopo Rabu, 01 November 2023 Pemerintahan 350 Kali
PJ Wali Kota Sambut Kunjungan Kepala Basarnas Sulsel

Palopo - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M. Si., didampingi Kepala BPBD kota palopo, dan Kadis Sosial serta Kepala Damkar dan penyelamatan kota Palopo menerima kunjungan silaturahim Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Mexianus Bekabel, di rumah jabatan wali kota, Rabu, 1 November 2023.

Dalam silaturahim itu, kepala Basarnas Makassar meminta dukungan Pj. Wali kota terkait keberadaan Pos SAR di kota palopo.
"Kita datang disini mau bantu pemerintah daerah, ya paling kurang pemerintah daerah bisa memberikan tempat yang layak agar kita (Basarnas) bisa bekerja dengan baik. Jadi kami berharap bapak bisa berpikir seperti apa, supaya anggota kami juga nyaman", ungkap Mexianus.

"Ada 5 orang personil kami dari basarnas di kota Palopo. Dan berdasarkan undang-undang, kami itu bersama pemerintah daerah, TNI dan polri. Jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri. Terlebih dibawa Pemda kan ada BPBD, dan organisasi lainnya, jadi kami tidak bekerja sendiri sendiri", lanjutnya.

Mexianus melanjutkan, pembentukan unit (SAR) itu tidak serta merta, harus melalui beberapa kajian. Dan walaupun kami dengan keterbatasan sdm, itu dibeberapa daerah meminta satu kabupaten satu unit, tapi itu tidak bisa, kami tidak seperti BPBD. Jadi kita satu unit itu bisa membawahi beberapa daerah di sekitarnya.

Kepala Basarnas Makassar menambahkan bahwa kedepan pihaknya juga akan bersurat terkait PKO dari pegawai pemerintah untuk di latih dan didik untuk diperbantukan di Basarnas.
"Jadi yang dari Pol PP atau dari mana itu, 10 orang akan kami latih untuk membekup. Tapi finansial atau dana dari itu nanti ditanggung dari Pemda. Jadi kita hanya melatih dan menyiapkan untuk mereka standby di pos. Dan itu sudah ada beberapa kab/kota yang kami lakukan seperti itu", ucapnya menjelaskan.

Sementara itu, Pj. Wali kota mengatakan akan siap mendukung Basarnas. Dirinya meminta kepada kepala BPBD kota Palopo untuk menindaklanjuti apa yang menjadi maksud kepala Basarnas Sulawesi Selatan, mencarikan lokasi yang lebih repsesntatif lagi bagi personil dan peralatan Basarnas.

"Kami siap mendukung, silahkan diajukan permohonannya, sembari mengungkapkan bahwa Minggu lalu juga datang dari Lantamal bersilaturahim dan berencana membangun pos di kota palopo. Menurut saya itu bagus, dengan itu kita bisa bersinergi bersama", ungkap Pj. Wali kota.