Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Walikota Palopo Bersama Ketua IMI Sulsel Resmikan Ratona Motor Sport

Diskominfo Palopo Minggu, 30 Juli 2023 Pembangunan 526 Kali
Walikota Palopo Bersama Ketua IMI Sulsel Resmikan Ratona Motor Sport

PALOPO |  Walikota Palopo, Judas Amir meresmikan Sirkuit Permanen Ratona Motor Sport (RMS) yang merupakan salah satu rangkaian acara peringatan hari jadi kota Palopo yang Ke-21 yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 29-30 Juli 2023.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Palopo, Judas Amir, didampingi Ketua IMI Sulsel Rusdi Masse, Wakil Ketua DPRD Prov Sulsel Syaharuddin Alrif, dan unsur Forkopimda Kota Palopo, Sabtu 29 Juli 2023 malam.

Kepala Dinas PUPR Kota Palopo Harianto, menyampaikan Sirkuit ini dibangun sejak tahun 2021 melalui dinas PUPR kota Palopo dengan panjang lintasan kurang lebih 1.700 meter atau 1,7 kilo.

Dari segi lintasan kita terbaik ketiga dan dari lintasan saat ini ada 10 tikungan kepada para pembalap disampaikan bahwa tikungan di RMS ini agak ekstrem.”ucapnya.

Menurutnya karena kita melakukan kegiatan malam sehingga kita memiliki tiang penerangan kurang lebih 171 tiang yang tersebar di semua lintasan.

Ketua IMI Sulsel Rusdi Masse dalam sambutannya menyampaikan bahwa kami dari ikatan motor Indonesia sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Palopo dan terimakasih telah dibangunnya Sirkuit yang sangat megah ini karena bukan saja dari segi olahraga nya tapi kota Palopo memiliki wisata baru.”ungkapnya.

Semoga apa yang dilakukan saat ini memiliki kelanjutan untuk ivent berikutnya dan ada tiga ivent lagi setelah ini mengarah ke kota Palopo untuk melaksanakan balapan.

Sambutan Walikota Judas Amir, menyampaikan malam ini kita nikmati yang telah direncanakan bersama DPRD kota Palopo karena apapun yang akan dilaksanakan pemerintah daerah harus sejalan dengan persetujuan dengan DPRD.

Karena sebagai Walikota juga berfikir bagaimana road race ini bisa ada di Kota Palopo dan keberadaannya diakui IMI luar biasa karena ini bisa dilakukan atas kehendak Allah SWT.” tandasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palopo, Ade Chandra menyampaikan dampak dilaksanakan night race motor cycle di kota Palopo ditinjau dari aspek kepariwisataan adalah :

Bahwa event keolahragaan moderen sekarang ini menganggap bahwa olahraga bukan hanya sekedar melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan belaka. Namun lebih dari itu bahwa olahraga dipandang dapat mendatangkan devisa bagi suatu negara dan Pendapatan bagi suatu Daerah. Selain itu, dampak yang positif adanya event keolahragaan adalah timbulnya prestise bagi daerah yang melaksanakannya.

Secara kepariwisataan Kota Palopo, event Night race motor cycle yang dilaksanakan di Kota Palopo ini telah membawa dampak yang sangat signifikan bagi industri kepariwisataan Kota Palopo antara lain : Meningkatnya angka hunian hotel, penginapan, home stay dan lainnya. Berdasarkan pemantauan Dinas Parekraf Kota Palopo bahwa tingkat hunian telah mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

Selain itu, permintaan terhadap kebutuhan makanan (kuliner) juga meningkat secara fantastis bahkan ada beberapa rumah makan yang diminta buka usahanya lebih awal untuk melayani sarapan bagi peserta night race ini. Disampingi itu keberadaan event night race motor cycle ini juga membawa dampak positif bagi usaha transportasi dimana peserta night race dan masyarakat banyak yang menggunakan transportasi umum ini. 

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya bahwa event night race ini merupakan prestise bagi Kota Palopo sehingga Kota yang kita cintai ini akan lebih dikenal dan dikenang oleh masyarakay luas dimana semua itu merupakan daya ungkit dalam upaya pengembangan kepariwisataan di Kota Palopo. Palopo city is a memorable destinarion.