Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Studi Tiru Ke Jakarta Islamic Center, Ini Yang Disampaikan Walikota Palopo

Diskominfo Palopo Jumat, 05 Mei 2023 Pembangunan 509 Kali
Studi Tiru Ke Jakarta Islamic Center, 5/5/2023

JAKARTA - Pemerintah Kota Palopo yang dipimpin langsung oleh Walikota Palopo Bapak Drs. H. M. Judas Amir, MH melakukan studi Tiru ke Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) atau yang lebih dikenal dengan Jakarta Islamic Center.

Rombongan Pemkot tersebut disambut langsung oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta KH. M. Subki, Lc bersama para Kepala Divisi di Jakarta, Jumat 5 Mei 2023.

Pembangunan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Jakarta Islamic Center merupakan bentuk fasilitasi Fungsi-fungsi kemakmuran masjid yang di fasilitas secara total oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta.

Dengan ciri utamanya terdapat fungsi peribadatan, fungsi pendidikan dan fungsi ekonomi/bisnis dengan bentuk bangunan yang monumental dan jejaring kerja yang melingkupi wilayah Indonesia, Asia Tenggara bahkan Dunia peran strategis diharapkan mampu mewujudkan islam rahmatan lil'alamin.

Pada kesempatan itu Walikota Palopo Bapak Drs. H. M. Judas Amir, MH memaparkan tujuan studi tiru yang dilakukan oleh Pemkot Palopo ke PPIJ yakni untuk menggali informasi terkait tata kelola Islamic Center Jakarta. Selain itu Walikota juga menyampaikan tentang pembangunan Islamic Center di kota palopo.

Kepala Pusat PPJIC juga memaparkan sejarah berdirinya PPJIC, Fasilitas, struktur kepengurusan dan sumber dana operasional dimana PPJIC dikelola oleh tujuh Dewan Pengurus yang di dalamnya terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua.

Serta terdiri dari lima divisi yang ditunjuk langsung oleh Gubernur DKI Jakarta yang didasari oleh SK Gubernur.

Selain itu di PPJIC juga Unit Pengelola Kawasan yang merupakan bagian dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta yang bertanggungjawab untuk pemeliharaan sarana dan prasarana PPJIC.

Yang dipimpin oleh seorang pejabat eselon IIIa dan dibantu oleh sejumlah staf ASN, sumber pendanaan operasional PPJIC sendiri berasal dari dana hibah pemprov DKI Jakarta untuk pengkajian  dan pengembangan nilai-nilai islam dan APBD Provinsi untuk hal yg berupa pemeliharaan sarana dan prasarana.

Turut serta pada rombongan studi Tiru tersebut Ketua MUI Kota Palopo KH. Zainuddin Samide, Sekretaris Daerah Kota Palopo Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palopo, bapak H. Farid Kasim, SH., M.Si., MH, Setwan, Kadis Kominfo, Kabag Ortala, Kabag Kesra, serta Perwakilan Kemenag Kota Palopo