Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Seminar Digital Antisipasi Hoaks Yang Bertebaran di Media Sosial

Diskominfo Palopo Rabu, 30 Agustus 2023 Pembangunan 169 Kali
Seminar Digital Antisipasi Hoaks Yang Bertebaran di Media Sosial

PALOPO- Mewakili Walikota, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Palopo, Subair, SH., membuka secara resmi kegiatan Seminar Nasional Literasi Digital yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kota Palopo berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 

Mengusung tema "Penguatan Literasi Digital bagi Pemuda(i) dalam Menghadapi Era Society 5,0" seminar itu dilaksanakan di Palopo Beach Hotel, Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Andi Muh Irfandi Thamrin, dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada pembukaan kegiatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, karena kita sadari bersama bahwa di era sekarang ini media sosial itu bisa dikatakan "semakin jahat", dimana banyak terjadi penipuan konten, hoaks, dan lain lain. "Terlebih momentum sekarang itu momentum politik, banyak hoaks bertebaran di media sosial. Maka dari itu penting untuk kita pelajari bagaimana mengatasi hoaks dan kejahatan konten lainnya melalui literasi digital ini," ungkapnya. 

Walikota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kabag Hukum Setda, Subair, SH., mengungkapkan, kemudahan dalam penggunaan Tehnologi digital, diharapkan kepada kita semua untuk untuk bijak dalam memanfaatkanya, pada saat mengakses informasi yang dibutuhkan dan juga ketika saat melakukan proses komunikasi.

Harapan kita semua, proses literasi digital saat berlangsung, hasil yang di dapat adalah hal-hal positif, dan sekuat tenaga untuk menghindari hal- hal negatif, baik sebagai Pemuda, Mahasiswa, juga menghindari hal-hal yang berdampak Hukum. 

"Karena prinsipnya menurut ahli, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya", 

"Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya", 

"Saya berharap kegiatan seminar ini dapat di ikuti oleh para peserta dengan sungguh-sungguh, dan bisa bermanfaat untuk kehidupan kita dalam aktifitas yang dilaksanakan," pesan walikota disampikan Subair. 

Hadir pada pembukaan itu perwakilan unsur Forkopimda kota Palopo,Para narasumber, Kadis Kearsipan, Perwakilan Kadis Kominfo, Pimpinan lembaga kampus kota Palopo, Presidium MD KAHMI kota Palopo, presidium MD Kohati kota Palopo, Ketua umum HMI cab Palopo, Kohati Palopo, dan undangan lainnya.