Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Penandatanganan Prasasti Peresmian Gereja Toraja Jemaat Balandai Klasis

Diskominfo Palopo Kamis, 28 Desember 2023 Pembangunan 526 Kali
Peresmian Gereja Toraja Jemaat Balandai Klasis

PALOPO - Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., meresmikan Gedung Gereja Toraja Jemaat Balandai Klasis Kota Palopo, Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti itu dilaksanakan dalam kegiatan Ibadah Syukur Tahunan dan Pentashihan Gedung Gereja Toraja Jemaat Klasis Balandai, Kamis, 28 Desember 2023.

Penjabat Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan Selamat Natal kepada seluruh Jemaat Balandai, "Semoga kasih dan berkat Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai Bapak dan Ibu dalam menjalani dan memaknai hidup dan kehidupan ini untuk mewujudkan kemuliaan dan damai sejahtera, sebagaimana yang menjadi tema natal pada tahun 2023.

Pj. Wali Kota melanjutkan, keberadaan gereja tersebut merupakan salah satu wujud penguatan keimanan dan moderasi beragama, sehingga umat dapat beribadah dengan tenang dan hikmat. Menurutnya, Gereja ini sejatinya menjadi simbol perekat umat dan pemersatu semangat bertoleransi ditengah kemajemukan masyarakat Kota Palopo.
"Dengan selesainya pembangunan gereja ini, patut disyukuri oleh Bapak Ibu Jemaat sekalian, karena proses yang dilalui tentunya membutuhkan pengorbanan pikiran, waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu bentuk kesyukuran adalah agar keberadaan Gereja bukan saja difungsikan pada upaya penguatan iman dan ibadah bagi umat, tapi juga menjadi suluh dalam peningkatan kesejahteraan umat melalui kegiatan sosial yang dapat memberdayakan, dan mendayagunakan umat", ungkap Pj. Wali Kota.

"Gereja harus terbuka pada perkembangan yang sifatnya kontemporer tetapi sejalan dengan nilai dan semangat keberagamaan, serta nilai kearifan lokal masyarakat Toraja yang selalu sikamali, siangga dan siangkaran atau saling merindukan, saling menghargai dan saling mendukung sesama", Pj. Wali Kota melanjutkan.

Pada kesempatan itu juga, Pj. Wali Kota Asrul Sani menegaskan bahwa komitmen dan perhatian pemerintah kota palopo terhadap pelaksanaan program keagamaan akan terus dipertahankan, termasuk pembinaan dan pemberian insentif kepada Guru Sekolah Minggu, seraya berharap dukungan dari tokoh agama agar bersama- sama membangun dan menguatkan moral dan raga masyarakat melalui pembinaan keagamaan secara berkesinambungan.

"Majelis gereja dan segenap Jamaah juga harus mampu bersinergi dengan Pemerintah dan bahkan menjadi penggerak pelaksanaan program pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan umat", jelas Asrul Sani.

Diakhir sambutannya, Asrul Sani mengajak untuk bersama- sama menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. "Tepiskan egosentris yang dapat merusak tatanan persatuan diantara kita sesama anak bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberi kesehatan, kekuatan dan perlindungan pada kita semua, khususnya menyongsong tahun 2024 dengan penuh semangat agar kota ini senantiasa dalam situasi kondusif, tentram dan damai", kuncinya.

Selain Pj. Wali Kota Palopo, Para Pendeta dan Majelis Gereja, hadir pula pada kegiatan yang diisi dengan Lelang, Doa dan Pujian itu, Camat Bara, Camat Wara Barat, Lurah se- Kecamatan Bara dan para Jamaat Gereja Toraja Klasis Palopo.