Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pemkot Palopo Raih 3 Penghargaan Pada Peringatan HKN Ke-59

Diskominfo Palopo Senin, 13 November 2023 Pemerintahan 233 Kali
Pemkot Palopo Raih 3 Penghargaan Pada Peringatan HKN Ke-59

Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo meraih sejumlah penghargaan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan itu diserahkan Pj. Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan HKN ke-59 yang mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” di Rujab Gubernur Sulsel, Makassar, Senin, 13 November 2023.

Kota palopo meraih 3 penghargaan, yakni
1. Juara 1 capaian kepesertaan Universal Health Coverege (UHC) ;
2. Juara 2 Prevalensi Kecacingan untuk Kabupaten/Kota terendah ; dan
3. Terbaik 1 Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada peringatan HKN ke-59 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan itu juga dilakukan penandatangan komitmen bersama terkait dukungan percepatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan dukungan dalam hal penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat tahun penilaian 2021-2022.

Gubernur Sulsel dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU., mengatakan bahwa bangsa Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. "Kita, bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045", Ungkapnya.

Selain itu, sistem kesehatan Indonesia juga harus dibangun bersama dengan enam pilar kesehatan yakni pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan, pilar layanan transformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan dan pilar layanan transformasi teknologi kesehatan.

"Dengan peringatan HKN ini diharapkan seluruh masyarakat dapat berperan membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar sehingga pola hidup sehat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mewujudkan transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju", ungkap Pj. Gubernur Sulsel.

Upacara itu diikuti Forkopimda Sulsel dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Sulsel, bersama kadis kesehatan. Dari kota Palopo, turut menghadiri kegiatan itu, Mirna Tangkelangi, S.ST., Kabid Pelayanan Kesehatan & SDK Dinas kesehatan kota Palopo, dan Abd. Manaf, SKM., M.Si., Sub.koord promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Palopo.