Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pemkot Palopo Genjot Penurunan Stunting Melalui DASHAT

Diskominfo Palopo Senin, 06 November 2023 Pemerintahan 324 Kali
Genjot Penurunan Stunting Melalui DASHAT

Palopo - Pj. Ketua TP-PKK Kota Palopo, Ibu Hasnawati Asrul, SE menghadiri sekakaligus menjadi narasumber pemateri dalam kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam Percepatan Penurunan Stunting dirangkaikan dengan launching DASHAT (dapur sehat atasi stunting) di Kantor Kecamatan Mungkajang Kota Palopo, 06 November 2023.

Sambutan Camat Mungkajang Latif Muhamad Abduh, S.IP menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakanntak leps rujukan Perpres No.72 Tahun 2021 terkait dengan program Pemerintah percepatan penurunan stunting, tentunyan sesuai dengan arahan bapak Pj Walikota Palopo melalui rapat dengan Pj Gubernur Sulawesi- selatan beberapa waktu lalu.
Bahwa Kota Palopo berada diperingkat ke 6 dari 24 Kabupaten/Kota akan tetapi Pj Walikota Palopo menekankan agar ditahun 2024 terkait stunting bisa menjadi zero stunting untuk Kota Palopo. Dengan ini kec.Mungkajang di 4 Kelurahan tentunya berterima kasih dengan arahan ibu Pj TP-PKK Kota Palopo dan dengan launchinnya DASHAT tentunya bisa lebih mengedukasi hal haln yang berkaitan dengan pencegahan stunting itu semdiri dan juga bisa menjadi motivasi agar kedepan dapat bekerja mempercepat dari pada penurunan stunting di Kota Palopo khusunya di Kec.Mungkajang.

Sambutan Kepala Dinas PP dan KB Kota Palopo Samsil, S.Si,Apt., M.Si mengatakan terkait penanganan stunting yang ada masi mengalami kendala dilapangan, keluhan dan pendataan dilapangan merupakan kelemaan dikarenkan selama ini kita mengalami bias data yang membedakan antara stunting tidak stunting, wasting tidak wasting, dan gizi buruk.
Dengan adanya aplikasi ini nantinya sudah bisa membedakan stunting, beresiko stunting, ibu hamil, dan balita.

Lanjutnya menyampikan bahwa DASHAT (dapur sehat atasi stunting) sebenarnya sudah terlaksana dari tahun kemrin tapi pelaksanaannya masi sangat simpel dan kegiatan ini merupakan tindak lanjut terkait penanganan stunting yang merupakan inovasi langsung dari BKKBN, dimana dalam pelaksanaannya menggandeng dan melibatkan para ibu- ibu dari TP-PKK berkolaborasi nantinya memberikan promosi edukasi ataupun pemberian makanan tambahan kepada anak dengan gejala stunting.

"stunting kalo tidak dikerjakan bersama-sama penanganannya akan tidak menjadi maksimal, mulai dari atas sampai ke bawah harus bekerja bersama demi tercapainya zero stunting di Kota Palopo.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Materi peran PKK dalam Pembiasaan Makanan Sehat Bergizi oleh Pj Ketua TP-PKK Kota Palopo, Ibu Hasnawati Asrul, SE dan Ibu Armila, SKM.

Turut hadir pada kegiatan ini, perwakilan BKKBN Provinsi Sulwesi-selatan Amin Muhammad, SP.MM, Camat Wara Utara Muh. Ikwan, Lurah /RT/RW setempat. Ketua TP-PKK Kelurahan/ kec.Mungkajang, Perwakilan Ibu Hamil, dan Masyarakat setempat.