Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pelatihan Tenaga Medis UKS/Madrasah Se - Kota Palopo

Diskominfo Palopo Rabu, 14 Desember 2022 Pembangunan 388 Kali
Pelatihan Tenaga Medis UKS/M, 14/12/2022

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si dalam hal ini mewakili Walikota Palopo membuka Secara Resmi Pelatihan Tenaga Medis UKS/M (usaha kesehatan sekolah/madrasah) se-Kota Palopo Tahun 2022 di Auditorium Sakotae, Rabu, (14/12/2022).

Dengan mengusung tema "Tanamkan hidup bersih dan sehat sejak dini" pelatihan tenaga medis UKS/M (usaha kesehatan sekolah/madrasah) se-Kota Palopo Tahun 2022 Program UKS/M ini merupakan upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan.

Keberhasilan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah/madrasah (UKS/M) yang terlihat dan tercermin pada prilaku hidup bersih dan sehat khususnya peserta didik dan umumnya pada masyarakat sekolah.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palopo Lukman S.Fil.I menyampaikan Maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk penyatuan persepsi tentang bagaimana pembinaan UKS/M di sekolah sebagaimana menjadi harapan Pemerintah Kota Palopo bahwa di sekolah-sekolah harus disiapkan pembina UKS/M dalam rangka memberikan pelayanan terhadap warga sekolah baik itu peserta didik  pendidik maupun tenaga kependidikan yang ada di sekolah yang telah ditunjuk.

Kemudian Pelatihan UKS/M diharapkan dapat meningkatkan kapasitas petugas pembina UKS/M yang ada di Kota Palopo, Walikota sangat menginginkan dan senantiasa mengaungkan Kota Palopo sebagai daerah wisata kesehatan, tentunya ini menjadi perhatian kita semua dan menjadi amanah kita bersama untuk dilaksanakan.

Sambutan  Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si dalam hal ini mewakili Walikota Palopo mengatakan dengan mengacu pada sektor kesehatan secara langsung akan memberikan dampak pada peningkatan SDM di Kota Palopo, peran UKS/M bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam prestasi belajar peserta didik dengan memberikan bekal pengetahuan terlebih dahulu kepada pelaksana UKS/M yakni salah-satunya adalah petugas medis.

Hal tersebut akan melengkapi unsur penting dalam kegiatan UKS/M karena petugas medislah yang akan memberikan pertolongan pertama kepada siswa dan juga yang memberikn pemahaman hidup bersih dan sehat pada semua yang ada dalam lingkup sekolah.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan kunci sukses kegiatan UKS/M terletak pada berbagai program  kerja dan metode pembimbing yang saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab tim pembina UKS/M ini merupakan salah satu program andalan bapak Walikota, bagaimana disemua sekolah menyiapkan petugas UKS, inilah program yang kemudian bisa menjadikan Kota Palopo menjadi salah satu Kota yang berpredikat Kota layak anak.

Mewakili Walikota ia mengungkapkan harapan Walikota Palopo agar apa yang telah diraih dan tercapai tetap dipertahankan keinginan Pemerintah Kota Palopo untuk menjadikan Palopo sebagai salah satu rujukan Kota yang paling baik dalam pelayanan kesehatannya, dimana penyumbang terbesar perputaran ekonomi Kota Palopo adalah dari sektor kesehatan. (as/jn-kominfo)