Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Lomba Pidato Bahasa Daerah Luwu, Para Juaranya Fasih Bahasa Luwu

Diskominfo Palopo Sabtu, 15 Oktober 2022 Pembangunan 1331 Kali
Walikota Tutup Lomba Pidato Bahasa Luwu, & Seraahkan Hadiah Pada Juara Umum,15/10/2022

PALOPO – Wali Kota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH., menutup resmi Lomba Pidato Bahasa Luwu, dengan melepas Kembang Api, penanda selesainya perhelatan Lomba. di Taman I’am Love Palopo, Sabtu 15 Oktober 2022.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, menyampaikan, “ Terima kasih Kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dan menyerahkan hadiah semua kategori kepada para juara harapan.

Sementara itu, dalam sambutan penutup, Wali Kota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH, menyampaikan, ada hal yang penting difahami malam ini, yang ada kaitannya dengan lomba ini, ada anjuran pemerintah pusat, yaitu sejalan dengan motto lomba ini, ‘Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing,’ maknanya adalah, mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita wajib memahami dengan baik bahasa Indonnesia, yang mempesatukan kita seluruh Bangsa Indonesia, kemudian kita diminta untuk melestarikan bahasa daerah,  Pemkot Palopo berjuang melestarikan bahasa daerah Luwu, bahasa Daerah Luwu menceritakan seluruh keadaan dalam masyarakat jaman dahulu, sehingga kita perlu memahami dan pandai berbahasa Luwu.”

Lanjutnya, “Dilaksanakan Lomba ini adalah salah satu upaya, untuk melestarikan Bahasa Daerah Luwu, agar bahasa daerah Luwu tidak punah. Dan saya bangga dan memberikan apresiasi kepada semua peserta dan para juara pidato” Jelas Walikota dengan Bijaksana.

Sebelumnya, Prof. Dr.Sahraini, M.Hum, sebagai wakil para Juri membacakan pemenang lomba, kepada para penonton, para juara , I.II.III lomba semua kategori. Yaitu juara Kategori SD, Juara III, Riski Ruppe dari SDN 50 Gurudatu Palopo. Juara II, Azzahra Asifa Syarifah SDN I Bonepute Luwu. Juara I, Muh. Qayyum. SD. Datok Sulaiman Palopo. Kategori Juara III, Elsa M Zahir, SMP 4 Palopo. Juara II, Zida. SMP Negeri 11 Palopo. Juara I, Desaria Almanah. Dari MTS Suli. Untuk Tingkat SMA. Juara III, Ika Molda Hasan, SMP 3 Palopo, Juara II, M. Fadil, SMKN 1 Palopo. Hirda A, Madrasah Alyiah Rantebelu Plus. Tingkat Umum, Juara III, Ripka Sandi, S.Pd, dari SMP 14 Palopo, Juara II, Rasmawati, S.Pd, dari SDN.15 Salolo, Herdianto Karim, S.Pd. M.Pd. dari SPN 6 Palopo.

Turut Hadir, Unsur Forkopimda, Pimpinan Perguruan Tinggi, Sekda Kota Palopo, Para Juri, seluruh panitia, peserta, para undangan, dan masyarakat yang hadir menyaksikan. (r/Awalani/Tia-kominfo).