Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Lomba Pidato Bahasa Daerah Luwu, Lestarikan Bahasa Luwu

Diskominfo Palopo Kamis, 13 Oktober 2022 Kesra 2099 Kali
Walikota Pukul Gong Buka Lomba Pidato Bahasa Daerah Luwu,13/10/2022

PALOPO – Wali Kota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir, MH.  saat Pembukaan Lomba Pidato Bahasa Luwu Tingkat SD, SMP, SMA, dan Umum Se-  Tana Luwu, dengan memukul gong sebagai penanda resmi dimulainya lomba, di Taman  I'am Love Palopo pada hari Kamis, 13 Oktober 2022.

Kegiatan ini, bermula untuk melestarikan Bahasa Luwu, karena sudah berkurang kesadaran masyarakat Luwu, untuk memakai Bahasa Luwu, dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan bahasa Luwu. Adapun tema kegiatan ini adalah ‘Mengutamakan Bahasa Indonesia, Melestarikan Bahasa Daerah, dan Menguasai Bahasa Asing’

Adapun jumlah seluruh peserta dalam kegiatan ini adalah  tercatat 118 peserta terbagi atas empat kategori, yaitu Kategori SD sebanyak 30 orang, Kategori SMP sebanyak 44 orang, Kategori SMA sebanyak 5 orang, dan Kategori Umum sebanyak 39 orang.  Dalam laporan Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Asnita Darwis, S.STP.

"Bekerja baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari kegiatan ini, bermanfaat dalam kehidupan masyarakat Luwu, juga manfaat sebagai kekayaan khazanah Bahasa Luwu, di Negeri Indonesia. dan untuk waktu yang akan datang" Sambutan Wali Kota Palopo, dengan memukul Gong, sekaligus membuka acara Lomba Pidato Bahasa Luwu, yang didampingi oleh Kapolres Kota Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman, SH.,S.I.K.,M.T., Dandim 1403/Palopo,  Letkol Inf. Apriadi Nidjo, Sekda KKota Palopo, Drs. Firmanza DP. SH. M. Si, dan dewan juri.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penempilan peserta lomba pidato yang cukup fasih memakai bahasa daerah Luwu ( Basa Tae’)

Turut hadir, Kapolres Kota Palopo, Dandim 1403 Sawerigading, Sekda Kota Palopo, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik, dan Para Pimpinan OPD se- Kota Palopo, seluruh tamu undangan dan peserta lomba. (r/Awalani/Wira-kominfo).