Palopo- Sebanyak 950 anggota Linmas berkumpul di lapangan tennis indoor Saokotae, rumah Jabatan Wali Kota Palopo, sabtu(13/4/2019) untuk mengikuti serangkaian bimbingan dan pembekalan teknis dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilu 17 April 2019.  Para Linmas tersebut akan bertugas di 497 TPS yang tersebar di 48 kelurahan, 9 kecamatan se-Kota Palopo.   Dalam kesempatan itu, Kapolres Palopo, AKBP Ardiansyah SIK menekankan beberapa hal kepada ratusan anggota Linmas yaitu agar anggota Linamas senantiasa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam mengawal pengamanan TPS.  Ia mengingatkan bahwa salah satu tugas utama Linmas adalah memastikan keamanan logistik Pemilu. Ia juga meyakinkan bahwa pihak kepolisian akan menyiagakan personilnya dimasing-masing TPS.

Sementara itu, Mayor Inf.martinus yang mewakili Dandim 1403 Sawerigading mengatakan bahwa anggota Linmas perlu menjaga penampilannya. “ Linmas harus berpenampilan menarik dan rapih “ ucapnya seraya memuji bahwa tugas yang diemban para anggota Linmas adalah tugas mulia.   Marten juga mengingatkan agar para anggota Linmas melaksanakan tugas pengamanan secara arif dan bijaksana.

Komisiiner KPU Iswandi Ismail menekankan perlunya sikap netral dalam Pemilu dengan tidak memihak pada peserta Pemilu.  “ Dalam Pemilu kita harus dimintai untuk menghindari  3 (tiga) hal yang harus diperhatikan yaitu, Politik uang, Politik SARA, dan hindari berita hoax atau berita bohong “ ujar mantan penyiar radio ini sambil menguraikan bahwa KPU Palopo makan mendistribusikan logistik pada tanggal 16 April 2019. Lain halnya dengan Komisioner Bawaslu Palopo mengingatkan agar anggota Linmas berada di TPS palinglambat pukul 06.00 pagi, serta mengajak Linmas untuk menguasai daerah sekitar tempat bertugas dan mengetahui titik rawan. Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Wali Kota Palopo yang menyerahkan insentif kepada petugas Linmas kepada masing-masing camat untuk selanjutnya disalurkan kepada para petugas Linmas. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo ).