Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Kota Palopo Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Kota Sehat 2023

Diskominfo Palopo Selasa, 28 November 2023 Pemerintahan 142 Kali
Kota Palopo Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Kota Sehat 2023

Jakarta - Pemerintah Kota Palopo meraih penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan. Kota palopo meraih penghargaan Swasti Saba Padapa atas keberhasilan dalam mewujudkan kota sehat tahun 2023.

Penghargaan ini diterima langsung Pj. Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si., dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, pada malam penganugerahan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan STBM Tahun 2023, di Grand Ballrooom Kempinski Hotel Jakarta, Selasa, 28/11/2023.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan, urbanisasi dan perubahan iklim menjadi tantangan besar bagi pemerintah kota kedepan. Semakin banyak orang yang tinggal di kota maka semakin besar pula masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat. 'Sebab itu masyarakat harus bisa menjaga lingkungannya, diawali dari lingkungan yang bersih, saluran airnya diperbaiki, diedukasi masyarakatnya, semuanya perlu diperbaiki", ungkapnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden RI menyampaikan apresiasi atas pemberian penghargaan Swasti Saba dan STBM tahun 2023 kepada Pemerintah Daerah.

Menurutnya, Pemerintah Daerah juga memiliki tanggung jawab yang lebih dalam penanganan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat agar kedepannya semua wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata kepada semua kalangan masyarakat.

Sementara itu, Pj Wali Kota melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah, menyampaikan syukur. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh tim, khususnya Forum Kota Sehat bersama Perangkat Daerah terkait yang terus membangun sinergisitas, mewujudkan program yang bersentuhan dengan masyarakat.
Menurutnya, capaian ini merupakan hasil kerja dari seluruh perangkat pemerintah, keterlibatan lintas sektor dan dukungan penuh masyarakat, sehingga indikator penilaian kota sehat bisa terpenuhi.

Irsan Anugrah menambahkan, penghargaan ini terkait program yang digalakkan oleh Kemendagri dan Kemenkes untuk mewujudkan kondisi daerah yang nyaman untuk dihuni dengan menerapkan 9 kegiatan yang mencakup berbagai aspek.
Tatanan itu meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat, satuan pendidikan, serta pariwisata.

Selain itu, lanjutnya, kelompok lainnya meliputi transportasi dan tertib lalu lintas di jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana.

"Ini (penghargaan) tentu akan menjadi motivasi kita. Akan menjadi penyemangat kita untuk menguatkan kolaborasi lintas sektor dalam meningkatkan derajat kesehatan di kota palopo", ungkap Irsan.

Selain Kadis Kesehatan, turut hadir mendampingi Pj wali kota palopo pada penyerahan penghargaan itu Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Palopo, dr. Hj. Utia Sari Judas, M. Kes.