Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Jaga Netralitas Ditahun Politik, ASN Palopo Bacakan Deklarasi Damai Pemilu 2024

Diskominfo Palopo Minggu, 05 November 2023 Pemerintahan 283 Kali
Jaga Netralitas Ditahun Politik, ASN Palopo Bacakan Deklarasi Damai Pemilu 2024

PALOPO – Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si.,di dampingi Pejabat dari DPRD Provinsi Sulsel, bersama Jajaran Pemprov. Sulsel, serta Jajaran Pemkot Palopo, menghadiri Kegiatan Cooling System, Berkelanjutan, Deklarasi Damai, Deklarasi netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilukada tahun 2024, sekaligus membuka Operasi Pasar Murah tahun 2023. Di Lapangan Pancasila, Minggu 05 November 2023.

Pada pelaksanaan kegiatan itu, bapak Pj Walikota Palopo menyampaikan, “Seperti halnya dalam sebuah Kompetisi, sebelum pelaksanaan dimulai, perlu kiranya sebagai peserta kita membuat komitmen, bahwa Pelaksanaan Pemilu, dan Pelaksanaan Pemilihan kepala Daerah Tahun 2024, harus Damai, dan semua menaati segala aturan yang berlaku berdasarkan Undang-undang.”

“Saya berharap Kepada semua pihak, Penyelenggara, Peserta, para Pemilih, termasuk Pemilih yang berstatus Aparatur Sipil Negara diminta untuk mengedepankan isu-isu tentang persatuan dan kesatuan bangsa, demi meminimalisasi konflik di tengah masyarakat.”

“Undang -Undang yang Mengatur Netralitas ASN dalam Pelaksanaan Pemilu terdapat pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam pasal 2 menyatakan, setiap pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu dan Bagi yang ASN yang melanggar Peraturan tersebut, harus berhadapan dengan konsekwensi hukum yang berlaku.” Ujarnya.
Sambutan Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. menyampaikan bahwa telah dilaksanakan Deklarasi Pemilu Damai bersama dengan pimpinan Parpol, untuk terlaksananya Pemilu, Pemilukada yang jurdil, aman dan damai.

Fungsi- fungsi masyarakat sebaiknya ditempatkan sesuai fungsinya sebagai kegiatan swadaya sosial kemasyarakatan.
"Sesuai dengan Undang-undang, ASN tidak diperkenankan untuk terlibat kegiatan politik praktis, ikuti aturan dengan semestinya." Tandasnya.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada Bhabinkamtibmas atas jasanya mewujudkan sinergitas dengan Pemerintah sehingga tercipta keamanan dan ketertiban masyarakat dalam wilayah kerjanya. Yaitu Bapak Aiptu Lamri, (Kelurahan Peta), Bripka Asri SH,( Kelurahan Temallebba), dan Aipda Bukhari Danduru, S.Sos. (Kelurahan Murante).

Turut hadir FORKOPIMDA Kota Palopo, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, Ketua dan Anggota DPRD kota Palopo, Jajaran Pimpinan Instansi Vertikal di kota Palopo, Para Pimpinan Partai Politik, Ketua KPU Kota Palopo, Ketua BAWASLU Kota Palopo, Pimpinan dan Anggota ORMAS Kota Palopo, Ketua KPU Kota Palopo, dan tamu undangan lainnya.