Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Bimtek Tahap IV Penyusunan Masterplan & Quick Win, Kota Palopo "Smart City"

Diskominfo Palopo Senin, 19 September 2022 Pembangunan 251 Kali
Bimtek Tahap IV Kota Palopo "Smart City",19/09/2022

PALOPO - Kepala Bidang Infrastruktur Dinas Kominfo Palopo Lukman, S.Fil.I. M.Pd.i,  membuka kegiatan Bimbingan Teknis Tahap IV (Akhir) Penyusunan Masterplan & Quick Win Program Unggulan Kota Palopo "Smart City" di Auditorium Saokotae Rujab Walikota Palopo. Senin, (19/09/2022).

Dalam rangka implementasi gerakan menuju kota cerdas "smart city" Kota Palopo tahun 2022, bimbingan teknis tahap akhir penyusunan masterplan & Quick Win Program Unggulan Kota Palopo yang dilaksanakan dengan fokus pada elemen pembangunan Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.Tujuannya adalah untuk mengutamakan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan maupun SDM masyarakat Kota Palopo.

Lukman, S.Fil.i, mengatakan kegiatan bimtek kali ini, ialah menindak lanjuti hasil bimtek tahap sebelumnya, ialah membahas langkah kerja pengimputan data analisis/managemen resiko, dimana bimtek yang dilaksanakan juga akan dilanjutkan dengan presentase dari masing-masing peserta berdasarkan pembagian dimensi yang telah ditetapkan dimana prosesnya sudah menuju finalisasi bentuk master plan agar menjadi pertimbangan untuk kelanjutan program yang tetap mengacu pada RPJMD yang ada sedapat mungkin program yang ada tidak terkait dengan masalah politik dan tetap relevan.

" Tata kelolah Pemerintahan maupun dalam pelayanan publik prinsipnya sama ialah kemudahan akses, Kecepatan layanan " ungkapnya.

Lanjutnya terkait materi tugas yang diberikan pada Bimtek sebelumnya, akan dibuat dalam bentuk buku yang sedang dipersiapkan oleh tim ahli pendamping dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Harapnya agar pada bimtek kali ini berkelanjutan dari program-program yang telah diinput sebagai perencanaan smart city, kedepan adapun perubahan kepemimpinan dan perubahan-perubahan kebijakan tidak  mempengaruhi program-program smart city yang telah di implementasikan nantinya.

" Smartcity adalah tuntutan zaman, yang menjadi kebutuhan masyarakat umum, prinsip program smart city ini adalah berkelanjutan dan sejalan dengan sustainable development goals" dimana program kita tahun 2023 harus mempunyai jaminan berkalanjutan dan tidak terengaruh dengan proses atau transisi kepimimpinan yang ada" tuturnya

Bimtek tahap IV ini, dilanjutkan sesi siang di gedung pertemuan Ratona lt.II Kantor Wali Kota Palopo, adapun  agenda selanjutnya, Selasa (20/09/2022) dengan Launching Portal Smart City Kota Palopo (smartcity.palopokota.go.id) , dan penandatangan komitmen bersama implementasi Smart City Kota Palopo.

Dalam jangka pendek dan jangka Panjang Smart Government e-Government, dan pelayanan publik sudah berbasis digital, smart branding penataan wajah kota dan pemasaran potensi daerah, juga smart economy sendiri mewujudkan ekosistem yang selaras dengan sektor ekonomi unggulan dan ekonomi kreatif Kota Palopo, smart living mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan harmonis serta layanan kesehatan (healtcare) smart society membangun flatform edukasi dan literasi digital, bagi masyarakat smart environment mengembangkan system tata kelola sampah dan limbah serta pembangunan ruang terbuka hijau, dari enam pilar smart city,  yang akan menjadi prioritas kota palopo adalah smart governance (e-government dan pelayanan publik berbasis digital) smart living (mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan harmonis serta layanan kesehatan (healtcare).

Tim Ahli Smart City, Rudi Hartanto, mengatakan bahwa quick win smart city Kota Palopo yang dirumuskan oleh masing-masing dimensi smart city akan menjadi indikator dalam mewujudkan smart city kota palopo secara sustainable, berkelanjutan dan konsisten sesuai dengan RPJMD Kota Palopo. mengatakan bahwa rangkaian Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City, pada Bimtek tahap akhir ini, fokus pada pemaparan program pembangunan smart city, pada tiap dimensi, pada jangka pendek, menengah dan panjang, serta perumusan rencana aksi pembangunan smart city yang akan dilakukan.

Turut Hadir Perangkat Daerah lingkup Pemkot Palopo terkait. serta Tim Ahli Smart City. (Awalani/Juna-kominfo)