Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2021

Diskominfo Palopo Rabu, 05 Mei 2021 Pemerintahan 1259 Kali
Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2021, 5 Mei 2021

PALOPO - Walikota Palopo selaku Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2021, dengan tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman, pada perayaan idul Fitri 1442 H". Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2021 tersebut, dilaksanakan di depan Mako Polres Palopo, Rabu 5 Mei 2021.

Sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang dibacakan oleh Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH, menyampaikan siapkan  mental  dan   fisik yang dilandasi  oleh  komitmen  moral dan   disiplin  kerja  yang  tinggi,   dalam memberikan  pelayanan  yang terbaik kepada  masyarakat, hindari sikap dan  tindakan–tindakan  tidak  simpatik dan   arogan yang  tidak  mencerminkan karakter  jati  diri  sebagai  sosok  pelindung, pengayom  dan   pelayan   masyarakat.

Lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas untuk mengetahui  dinamika dan  fenomena yang  berkembang  di  masyarakat  sehingga zapat  diantisipasi  sedini   mungkin setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam  melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap  kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang  memanfaat kan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, diseluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan, serta berpotensi menjadi target para pelaku.

Gelar kekuatan polri pada pos – pos pengamanan dan pelayanan serta  di titik -  titik  rawan  kriminalitas, titik- titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga  mampu bertindak cepat dan tepat, dalam melakukan tindakan kepolisian guna memberikan  rasa aman  dan   nyaman  kepada masyarakat.

Utamakan keselamatan anggota yang bertugas dilapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, aman serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Waspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat serta berbagai bentuk gangguan kamtibmas lainnya yang dapat  mengganggu situasi kamtibmas pada ramadhan dan idul fitri 1442 H/ 2021.

Disampaikan pula untuk mencegah terjadinya aksi balap liar, kebut-kebutan,  pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas, seperti pengendara motor dengan knalpot bising, penumpang yang duduk di kap kendaraan, penggunaan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya dan lain – lain.

"Gandeng tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya, untuk sosialisasikan secara masif, agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling." Jelas Kapolri dalam sambutannya.

Pelaksanaan kegiatan ibadah, baik di bulan ramadhan maupun saat idul fitri, agar senantiasa mempedomani surat edaran menteri agama nomor:se.03 tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadhan dan Idul Fitri tahun 1442 hijriyah/2021.

Cegah agar masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api, yang membahayan keselamatan jiwa pada saat idul fitri 1442 H/2021.

Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2021, berlangsung Selama 12 Hari dimulai tanggal 06 Mei 2021 s.d 17 Mei 2021.

Hadir pula Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas, S.H, S.I.K, M.H, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf Gunawan, Wakapolres Palopo Kompol Budi Gunawan, S.E, M.H, Kadis Damkar Kota Palopo Andi Musakkir, S.IP., M.SI, Kadis Perhubungan Kota Palopo Andi Farid Baso Rachim.AP, Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin, Kabag/kasat jajaran Polres Palopo, kapolsek/perwira jajaran Polres Palopo. (red)