Palopo- Bertempat di Makodim 1403 Sawerigading, jajaran Kodim 1403 Swg menggelar upacara peringatan HUT ke-74 TNI, pada hari Sabtu(5/10/2019). Kasdim 1403, Mayor MT Pagasing bertindak selaku inspektur upacara menyampaikan sejumlah pesan dihadapan prajurit. MT Pagasing pada kesempatan itu membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP dihadapan perwira, bintara, tamtama dan PNS TNI. 

Adapun pesan yang disampaikan dalam kesempatan tersebut yaitu Pertama  mengajak prajurit untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.  Kedua menyerukan penguatan soliditas TNI dan memegang teguh nilai keprajuritan serta penguatan kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TNI selalu berada pada garda terdepan dalam rangka merekatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-bhineka tunggal ika. Ketiga menjaga para prajurit untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang makin kompleks. Pesan yang keempat yaitu mengajak prajurit agar menyikapi kemajuan secara bijak dan mendorong para prajurit agar dapat menjadi agen perubahan yang positif.  Sedangkan pesan kelima mengingatkan para prajurit agar selalu berbuat secara ikhlas dalam rangka melaksanakan pengabdian demi kepentingan bangsa dan negara.

Pada upacara peringatan HUT ke-74 TNI  yang mengusung tema “ TNI profesional kebanggaan rakyat “ tersebut, Panglima menyampaika sejumlah program pembentukan  organisasi baru dalam kurun waktu 2018-2019 yang dilakukan dalam rangka pembangunan kekuatan TNI, diantaranya pembentukan divisi Infanteri-3 / Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar-3 Korps Marinir pada tanggal 11 Mei 2018 guna menghadapi trouble  di wilayah Indonesia bagian timur.  Selanjutnya pembentukan satuan TNI terintegrasi (STT) Natuna  sebagai pangkalan aju bagi unsur TNI yang beroperasi di wilayah utara Indonesia.  Pembentukan Komando operasi  khusus TNI pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus untuk menyelematkan kepentingan nasional serta pembentukan Komando gabungan wilayah pertahanan I, II dan III pada tanggal 27 September 2019 . ( Awalany Azhar/ Red_Diskominfo Palopo )