Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

107 Perwira Perwira Pelayaran Niaga Dilantik, Siap Mengarungi Masa Depan

Diskominfo Palopo Kamis, 30 November 2023 Pojok 202 Kali
107 Perwira Perwira Pelayaran Niaga Dilantik, Siap Mengarungi Masa Depan

PALOPO - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Ilham Hamid, SE. M.Si mewakili Penjabat Wali Kota Palopo menghadiri Pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Pembentukan Ahli Nautika tingkat IV (ANT-IV) dan Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV) di SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo, Kamis 30 November 2023.

Sebanyak 107 perwira pelayaran niaga dilantik yang ditandai dengan penanggalan evolet dan pemasangan pangkat serta samir perwira dilanjutkan dengan pembacaan ikrar perwira.

Laporan pendidikan oleh kepala sekolah SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo Muh Yusri menyampaikan sejak berdirinya SMK pelayaran ini telah menamatkan alumni yang telah bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

Sebelum mencapai proses ini para taruna terlebih dahulu telah melalui proses pendidikan dimana proses yang mereka lalui yaitu pendidikan dan pelatihan serta mengikuti ujian keahlian pelaut.

Selanjutnya para peserta mengikuti ujian paket setelah melaksanakan praktek laut selama kurang lebih 12 bulan adapun masa pendidikan yang harus dilalui kurang lebih 4,5 tahun sampai dengan 5 tahun.

Direktorat perkapalan dan kepelautan yang diwakili oleh Pengelola tata usaha DPKP Donald O. Karundeng, S.Sos., M.Si selaku inspektur upacara menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan perlu di ingat bahwa sebutan perwira pelayaran niaga diperoleh melalui perjuangan dan membutuhkan pengorbanan.

Jadilah panutan di tengah masyarakat dan bermanfaat di manapun berada ini bukanlah akhir perjuangan karena akan bertemu dengan dunia kerja nyata maka apa yang diperoleh selama pendidikan aplikasikan kedisiplinan.

Jagalah nama baik sekolah dan almamater buktikan bahwa kita bisa bersaing dimanapun kita berada alumni yang mempunyai integritas dan disiplin yang tinggi yang dapat bertanggungjawab disetiap tugasnya.

Turut dihadiri Forkopimda kota Palopo, Ketua DWP kota Palopo isnada firmanza, beberapa pimpinan perangkat daerah, serta tamu undangan lainnya.