Staf Ahli Kesra menghadiri Seminar Transformasi Layanan Kesehatan STIKES Kamus Arunika
PALOPO – Staf Ahli Bidang Kesra Setda Kota Palopo, Drs. Taufik Gurrahman, M.Si mewakili Wali Kota Palopo menghadiri Seminar Transformasi Layanan Kesehatan:Meningkatkan Kualitas Melalui Service Excellence yang Bertempat di Auditorium Stikes Kami.06 September 2025
Laporan Dr. Asriadi., S.Kep.,Ns.,M.Kep.,CSES Selaku Praktisi dan Dosen universitas mega buana Mengatakan Acara seminar tentang service excellence di puskesmas dan rumah sakit bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya memberikan pelayanan yang tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui harapan pasien.
Dengan fokus pada aspek seperti kecepatan respons, sentuhan personal, dan penerapan budaya senyum serta kerja tim, seminar ini bertujuan untuk membentuk budaya kerja yang profesional dan empatik di lingkungan pelayanan kesehatan. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan elemen-elemen kunci dalam service excellence, seperti responsif, keandalan, empati, serta jaminan kualitas layanan, yang kesemuanya saling mendukung untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien.
Seminar ini juga akan mendukung program pemerintah Kota Palopo, yaitu adanya saluran pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik melalui OKe SAPPO.
Harapan kami,Pemerintah Kota Palopo perlu memberikan perhatian lebih terhadap pelatihan bagi pegawai yang memberikan pelayanan publik, agar mereka dapat meningkatkan kompetensi dalam memberikan layanan yang lebih profesional dan berkualitas. Oleh karena itu, PPNI Palopo berharap dapat menjadi mitra dalam pelatihan service excellence bagi pegawai di Kota Palopo.
Dengan peningkatan kompetensi pegawai melalui pelatihan service excellence, diharapkan setiap pengaduan yang diterima melalui OKE SAPPO dapat ditindaklanjuti secara lebih cepat, tepat, dan profesional, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih responsif dan berkualitas.ujar beliau
Sambutan Wali Kota Palopo Yang di wakili Staf Ahli Bidang Kesra Setda Kota Palopo, Drs. Taufik Gurrahman mengatakan Pada acara seminar bertema Service Excellence di Puskesmas dan Rumah Sakit,Bahwa betapa pentingnya penerapan service excellence dalam pelayanan publik,terutama di sektor kesehatan.Menurut beliau untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang maksimal, seluruh tenaga medis, khususnya perawat, memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman positif bagi pasien.
Salah satu elemen kunci yang menjadi sorotan adalah kecepatan dan ketepatan dalam bekerja. Dalam pelayanan kesehatan, setiap detik sangat berharga, terutama dalam situasi darurat. Perawat diharapkan mampu bertindak cepat tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk memberikan perawatan yang sesuai, tetapi juga untuk mengelola situasi dengan bijaksana dan efisien, menghindari keterlambatan yang bisa memengaruhi kesembuhan pasien.
Selain itu, ramah dan empati adalah hal yang tak kalah penting dalam service excellence. Perawat harus dapat menyapa pasien dengan senyuman dan berkomunikasi dengan hangat, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien. Sebuah sentuhan kecil seperti senyum atau sapaan ramah dapat mengurangi kecemasan pasien, serta membantu menciptakan suasana yang menyenangkan di ruang perawatan. Hal ini bukan hanya memperbaiki citra rumah sakit, tetapi juga meningkatkan kepuasan pasien yang merasa dihargai.
Seminar ini juga menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan pentingnya pelatihan service excellence bagi seluruh pegawai yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan. Dengan pelatihan yang tepat, diharapkan seluruh tenaga medis dan pelayanan lainnya di rumah sakit atau puskesmas dapat lebih siap dalam memberikan layanan yang lebih baik, memperkuat kepercayaan pasien, dan menjadikan pelayanan kesehatan di Kota Palopo semakin profesional, responsif, dan terpercaya.
Dengan adanya upaya terus menerus dalam meningkatkan kualitas layanan melalui service excellence, diharapkan pelayanan kesehatan di Kota Palopo dapat mencapai standar yang lebih tinggi, memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, dan tentunya memperkuat citra positif Kota Palopo sebagai kota yang peduli dan responsif terhadap kebutuhan warganya.ujarnya
Adapun Nama Narasumber Seminar Excellence yaitu Dr.Ns.Asriadi,.M.Kep dan Dr.Ns.Muh.Yusuf tahir,M.Kep
Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pertimbangan PPNI Kota Palopo,Direktur Keuangan Rs.Sawerigading,Kepala Puskesmas Se-Kota Palopo serta Para Peserta Seminar Service Excellence