Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pj Gubernur Sulsel Cek Kesiapan KPU Palopo hadapi Pemilu 2024

Diskominfo Palopo Kamis, 25 Januari 2024 Pemerintahan 201 Kali
Pj Gubernur Sulsel Cek Kesiapan KPU Palopo hadapi Pemilu 2024

Palopo, 25 Januari 2024 - Pj Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan kerja ke KPU Kota Palopo, Kamis (25/01/2024).

Kunjungan ini dilakukan Bahtiar Baharuddin, guna mengecek kesiapan KPU Palopo dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

"Kami datang ke sini, untuk mengecek kesiapan teman-teman penyelenggara terkait pelaksanaan pemilu mendatang," kata Bahtiar.

Kepada wartawan, Bahtiar juga menyampaikan, jika hal ini dilakukan Pemprov Sulsel, sebagai bukti keseriusan mengawal proses demokrasi di negeri ini.

"Boleh dicek, mungkin hanya kita (Pemprov Sulsel.red) yang rajin turun mengecek ke sejumlah KPU," kata Bahtiar.

Saat ini, kata Bahtiar, pelaksanaan pemilu sudah semakin maju. Pasalnya, sudah ada aplikasi yang digunakan guna menunjang kelancaran pemilu.

"Saat ini sudah ada aplikasi Sirekap, ini memudahkan proses perhitungan suara. Meskipun nanti finalisasinya tetap pakai hitung manual," jelasnya.

Di negara-negara maju, urainya, sudah berkembang yang namanya e-Voting di mana metode ini dianggap yang jauh lebih transparan.

"Lewat e-Voting hasil pemilihan suara akan lebih cepat diketahui secara luas. Namun saat ini di Indonesia masih menggunakan pencoblosan sebagai metode pemberian suara, bukan contreng atau metode lain," urainya.

Lebih lanjut, Bahtiar menyampaikan, selama pemantauan di beberapa daerah, pihaknya melihat secara umum persiapan tahapan pemilu di Sulsel sangat siap.

Sementara itu, Ketua KPU Palopo, Irwandi Djumadin, menyampaikan kesiapannya terkait penyelenggaraan pemilu di Kota Palopo.

"InsyaAllah kita siap melaksanakan pemilu di Kota Palopo. Saat ini semua pada tahap persiapan," kata Irwandi.

Irwandi berharap, semua pihak dan stakeholder turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu mendatang.

"Tentunya kita sangat membutuhkan dukungan dan support semua pihak, agar pesta demokrasi yang akan kita lakukan ini, dapat berjalan lancar dan sukses," tutupnya.

Untuk diketahui, Pj Gubernur Sulsel melakukan kunker ke Kota Palopo dengan sejumlah agenda diantaranya, mengecek kesiapan pelaksanaan pemilu.

Selain itu, juga mengecek harga di pasar, menghadiri pangan murah, penanaman sukun dan sejumlah agenda lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Gubernur Sulsel di dampingi Pj. Wali Kota Palopo Asrul Sani, SH., M.Si., Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si, Forkopimda Kota Palopo, serta pimpinan perangkat daerah Kota Palopo.