Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Dukung Kesadaran Kewajiban Perpajakan

Diskominfo Palopo Selasa, 27 Februari 2024 Pemerintahan 446 Kali
Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Dukung Kesadaran Kewajiban Perpajakan

Palopo, 27 Februari 2024 - Sekda Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si., mewakili Pj. Wali Kota Palopo, menghadiri pekan panutan penyampaian SPT tahunan PPh pajak 2023 di aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Selasa (27/2/2024).

Kepala KPP Pratama Palopo, Agung Pranoto Eko Putro, mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempererat sinergi dengan pemerintah daerah.

"Khususnya dengan Pemkot Palopo, dalam mencapai tujuan sebagaimana tertuang dalam undang-undang harmonisasi peraturan Perpajakan," kata Agung.

Agung menambahkan, SPT tahunan merupakan sarana bagi wajib pajak untuk melaporkan penghasilan dan pajak-pajak terutang.

"Yang mana penyampaian SPT tahunan tersebut di awal waktu, merupakan salah satu wujud pemenuhan kewajiban kita sebagai ASN," katanya.

Oleh sebab itu, kata Agung, melaporkan pajak tepat waktu, sebagai bagian untuk berkontribusi bagi bangsa.

"Perlu kami informasikan juga, mulai tanggal 1 Juli 2024 NPWP 16 digit/NIK digunakan secara penuh dalam layanan administrasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan pihak lain," ujarnya.

"Dengan demikian, kami juga mengimbau, bahwa dapat melakukan pemadanan atau validasi NIK-NPWP sebelum 1 Juli 2024," pungkasnya.

Sementara itu, melalui sambutan tertulis Pj. Wali Kota Palopo yang disampaikan oleh Sekda Palopo, Firmanza DP, berpesan ke ASN lingkup Pemkot Palopo untuk meningkatkan partisipasi dalam memenuhi kewajiban melaporkan pajak melalui kantor pajak terdekat.

"Sejatinya ASN diharapkan menjadi pelopor dan panutan ke masyarakat dalam hal membayar pajak," kata Firmanza DP.

ASN, kata Firmanza, harus memahami bahwa penghasilan yang diperoleh tak lepas dari sumber pajak yang disetor ke negara.

"Demikian pula dengan sejumlah pembangunan infrastruktur yang telah kita nikmati. Dengan membayar pajak kita berharap akan mendapatkan manfaat tersendiri karena pajak yang kita salurkan, akan dimanfaatkan untuk kepentingan kemaslahatan orang banyak," jelasnya.

Olehnya itu, kata Firmanza lebih lanjut, diharapkan kesadaran semua pihak agar makin meningkat dalam membayar pajak.

"Penyampaian laporan pajak tahunan adalah wujud komitmen dan konsistensi selaku ASN, sekaligus pembuktian integritas pribad. Oleh karena itu, selain melaporkan pajak tepat waktu, juga harus melaporkan secara jujur," pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan ceremony pelaporan SPT tahunan PPh OP oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP.

Kemudian penyerahan sertifikat tanda penghargaan dari Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak yang diwakili Kepala KPP Pratama Palopo sebagai ucapan terima kasih atas dukungan dalam implementasi kesadaran pajak dan partisipasi Pemerintah Daerah Kota Palopo dalam kegiatan pekan panutan tahun 2024 ini.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimda Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, Camat dan Lurah Kota Palopo, serta para tamu undangan lainnya.