Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Palopo 2025-2045

Diskominfo Palopo Rabu, 24 Januari 2024 Pemerintahan 243 Kali
Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Palopo 2025-2045

Palopo, 24 Januari 2024 - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si membuka secara resmi konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Palopo tahun 2025-2045

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Ratona Kantor Wali kota Palopo, Rabu (24/01/2024).

Kabid Perencanaan Makro dan Pengendalian Pembangunan Bappeda Kota Palopo, Hikma Hafid, S.T, menyampaikan, kegiatan ini adalah rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum rumusan akhir.

"Forum konsultasi publik ini tujuannya untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dari para pemangku kepentingan," kata Hikma Hafid.

Melalui forum ini, kata Hikma, diharapkan menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder yang tentunya selaras dengan rencana jangka panjang BPBappedarovinsi Sulawesi Selatan.

"RPJPD ini akan menjadi dasar bagi proses penyusunan RPJMD Kota Palopo tahun 2025-2029. Ini juga akan menjadi rujukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota mendatang," tambahnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si, mengatakan, konsultasi publik ini juga dilaksanakan untuk membahas bersama rancangan awal RPJPD Kota Palopo Tahun 2025-2045.

"Kegiatan ini merupakan tahapan wajib yang harus dilaksanakan untuk menyempurnakan rancangan awal RPJPD," kata Asrul Sani.

Oleh karena itu, lanjut Asrul, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik.

"Sehingga diharapkan seluruh peserta konsultasi publik ini, ikut dalam merumuskan titik, sasaran pokok, arah kebijakan, serta pembangunan Kota Palopo untuk 20 tahun ke depan," lanjutnya.

Pentingnya hal-hal yang dirumuskan ini, tambah Asrul, adalah cita-cita dan harapan terhadap pembangunan Kota Palopo yang akan bermanfaat bagi masyarakat Kota Palopo di masa depan.

"Mari kita merumuskan dan mencermati beberapa isu strategis permasalahan yang menjadi kendala dan tantangan di Kota Palopo, yang nantinya dapat dijadikan dasar dalam menetukan program kegiatan," tambahnya.

"RPJPD ini harus selaras dengan RPJPD nasional dan RPJPD provinsi," tutup Asrul Sani.

Turut hadir dalam kegiatan ini, unsur forkopimda, pimpinan instansi vertikal BUMN dan BUMD se-Kota Palopo, seluruh pimpinan OPD se-Kota Palopo.

Selain itu, turut dihadiri pimpinan perguruan tinggi se-Kota Palopo, ketua organisasi wanita se-Kota Palopo, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta tamu undangan.