Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Gerakan Pangan Murah Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H

Diskominfo Palopo Selasa, 11 Juni 2024 Pemerintahan 43 Kali
Gerakan Pangan Murah Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H

Palopo, 11 Juni 2024 - Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha 1445 H/2024 M, dan menjaga stabilitas pasokan pangan, Pemerintah Kota Palopo kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Halaman Kantor Kecamatan Wara, Selasa, (11/6/2024).

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota se-Sulsel. GPM ini sendiri dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, secara virtual.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo, Andi Enceng Amir, mengatakan, GPM yang digelar itu bekerja sama dengan Bulog dan stakeholder pangan lainnya.

“Hal ini dimaksudkan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan menyediakan komoditi-komoditi utama atau strategis dengan harga yang terjangkau,” kata Andi Enceng Amir.

Enceng melanjutkan, program GPM ini juga dilaksanakan dalam rangka menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan dalam upaya pengendalian inflasi daerah.

"Jelang Idul Adha, komoditas-komoditas pokok strategis masih cukup tersedia dan terjangkau, begitu juga dengan pergerakan harga. Berdasarkan pantauan, saat ini masih cukup terkendali atau stabil,” katanya.

"Kita berharap dari program GPM yang akan kita gelar selama Tiga hari ini, masyarakat bisa memperoleh manfaat dari kegiatan yang dilakukan," tambahnya.

Sejumlah komoditi bahan pokok disediakan pada GPM ini, diantaranya beras, minyak goreng, tepung terigu, telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, daging ayam, gula pasir, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Disediakan pula bahan olahan pangan lainnya yang merupakan produk UMKM Kota Palopo.

Hadir pada kegiatan itu Kepala Dinas Perdagangan, Hj. Nurleli, Kepala BPS Kota Palopo, Kabag Perekonomian Setda Kota Palopo, Camat Wara, para Lurah se-Kecamatan Wara, dan undangan lainnya serta masyarakat.