Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Dipimpin Menkopolhukam, Pj Wali Kota Palopo Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024

Diskominfo Palopo Rabu, 26 Juni 2024 Pemerintahan 85 Kali
Dipimpin Menkopolhukam, Pj Wali Kota Palopo Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024

Palopo, 26 Juni 2024 - Menko Polhukam RI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan penyelanggaraan Pilkada serentak tahun 2024 wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Hotel Claro Makassar, Rabu (26/6/2024).

Pj. Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya rapat Rakor persiapan Pilkada ini.

“Untuk persiapan penuntasan transfer dana pilkada, saat ini terus berproses untuk diselesaikan,” kata Zudan Arif Fakrulloh.

Namun kata Zudan, saat ini para pemerintah kabupaten dan kota masih menunggu dana transfer dari Pemprov Sulsel.

“Kalau sudah masuk, lalu akan ditransfer pada masing-masing penyelenggara pilkada di kabupaten dan kota di Sulsel,” katanya.

Sementara itu, Menko Polhukam RI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, menyampaikan, dalam pilkada 2024 ini sinergi tas TNI-Polri dalam menjaga netralitas, terus ditingkatkan.

“Sinergi semua unsur Gakkumdu Pemilu juga menjadi bekal, untuk mengawal pilkada serentak yang akan terlaksana tahun ini,” kata Hadi.

Hadi menyampaikan, stabilitas kemanan yang dapat berdampak pada kemanan nasional tahun 2024 ini, merupakan puncak pelaksanaan pemilu terbanyak sepanjang sejarah.

“Tidak menutup kemungkinan potensi kisruh pada tingkatan sosial untuk memenangkan calon dan jagoan masing-masing. Sehingga langkah strategis mesti disiapkan antara pemerintah dan penyelenggara pilkada," tuturnya.

Hadi menegaskan, stabilitas hukum, keamanan dan politik harus menjadi perhatian penting.

Kegiatan ini turut dihadiri Mendagri-RI, Tito Karnavian, Ketua KPU-RI, Hasyim Asy'ari, Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Dr. Muhammad Fadil Imran, dan Pangkogabwilham, Marsdya TNI. M Khairil Lubis.

Juga turut dihadiri jajaran Pj. Gubernur dan Kepala Daerah, Kalimantan Sulawesi dan Maluku, beserta jajaran Forkopimda.