Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Yayasan Al Azhar Segera Buka Di Kota Palopo

Diskominfo Palopo Jumat, 09 September 2022 Kesra 1488 Kali
Yayasan Al Azhar Segera Buka Di Kota Palopo, 09/09/2022

PALOPO — Walikota Palopo, Drs. H.M. Judas Amir MH. didampingi oleh Sekda Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, SH.,M.Si. bersama Direktur dan Pengelola Yayasan Al Azhar Kelapa Gading, Jakarta Utara meninjau pembangunan Sekolah Islam Terpadu dan Menara Kuliner.  Di Islamic Center, Kota Palopo. Jumat, 09 September 2022

Setelah didatangi oleh kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas (FKJ) beberapa waktu yang lalu di Jakarta, Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading merespon dengan melakukan kunjungan sekaligus survey lokasi dan bangunan.

Ketua Yayasan Al-Ahzar, Irsan datang didampingi Direktur Pendidikan Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta, Uus Sukatna. Mereka disambut oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Sekda, Firmanza, Plt Kadis Pendidikan, Asnita, Kepala BKPSDM, Farid Kasim Judas, Kepala Dinas PUPR, Harianto dan lainnya.

Setibanya di Kota Palopo, rombongan langsung menuju kawasan Islamic Center, Kelurahan Takkalala Kecamatan Wara Selatan. Di kawasan ini, sementara dibangun tiga gedung megah. Pembangunannya dilakukan secara bertahap tahun ini dan ditarget bisa dimanfaatkan tahun 2023 mendatang.

“Nah untuk sekolah islam yang notabene-nya kelasnya high gitu-kan, belum ada. Ingin hadir Al-Azhar tahun 2023, insya Allah akan hadir di Palopo,” Jelasnya.

Meski menggunakan Yayasan Al-Azhar, pihaknya berjanji tetap akan memperhatikan kearifan lokal. Palopo punya apa dan Jakarta punya apa. Itu yang dikombinasikan. Ditanya mengenai bangunan yang sementara dibangun, Uus mengatakan sangat prospektus.

“Cuma mungkin ada beberapa (perbaikan) karena kita akan mendidik anak sesuai dengan zamannya. Zaman sekarang zaman IG gitu-kan, harus instagramable gitu-kan, yang penting bangunan itu ada polesan-polesan anak muda. Karena anak sekarang kalau di didik seperti zaman dulu beda, maka dari itu perlu ada pengembangan mobilernya, interiornya dan desain lebih bagus nantinya,” beber Uus.

“Ada masukan-masukan dari Jakarta mungkin, ini kita bawa orang arsitek yang akan memberikan sentuhan-sentuhan itu. Untuk perlengkapan secara umum, sudah masuklah. Nanti ada PAUD, SD, SMP dan SMA,” Lanjutnya.

“Mudah-mudahan tahun 2023 sudah jalan, ini melihat semangat Walikota yang luar biasa. Jangan dilihat dari usianya, tapi semangatnya yang masih muda. Apalagi didukung oleh kepala dinas yang hebat dan luar biasa, saya pikir kenapa tidak mimpi itu terealisasi kalau diiringi kemauan,” cetusnya.

Ditanya perbedaan Al-Azhar dengan sekolah lain, Uus menjelaskan dulu islam itu dikenal kampungan, dikenal sarungan, islam dikenal terbelakang, islam harus sejajar.

“Al-Azhar adalah pendidikan yang mengedepankan moderatnya, bagaimana mendidik anak sesuai saat ini, tidak ketinggalan,” tandasnya.

Sementara itu, walikota Palopo HM Judas Amir mengatakan apa yang disampaikan Al-Azhar dalam kunjungannya, itu akan menjadi perhatian pihaknya untuk realisasikan.

“Yakinlah niat baik ini yang kita sedang dorong, mudah-mudahan bisa terwujud,” tandas walikota.

Sebelumnya, Site Manager PT Bangun Bumi Indah, Bahtiar, pada Rabu (9/2/2022), menyampaikan optimistisnya tahun ini pembangunan gedung sekolah di kawasan Islamic Center Palopo telah berdiri kokoh.

Proyek multi year (tahun jamak) revitalisasi IC menyerap anggaran Rp50.745.000.000.00 bersumber dari APBD. Proyek ini terdiri 3 item pekerjaan yakni bangunan gedung SD, gedung SMP, dan gedung SMA. Total jumlah Ruang Kelas Belajar (RKB) SD hingga SMA sebanyak 46 unit, rinciannya 12 RKB untuk SD, 12 RKB untuk SMP, dan 12 RKB untuk SMA.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BKPSDM Kota Palopo, H. Farid Kasim Judas, SH., M.Si., MH, berkunjung ke Sekolah Al Azhar Kelapa Gading Jakarta.

Dalam kunjungan dan silaturahmi itu, FKJ tampak bersama dengan Tokoh Nasional asal Tana Luwu, Andi Timo Pangerang. FKJ bersama Andi Timo mengajak pimpinan Al Azhar untuk membuka cabang di Kota Palopo.

”Alhamdulillah dalam kunjungan itu, kami diterima langsung oleh Direktur Pendidikan Pak Uus dan wakil ketua Yayasan pak Ifan,” kata FKJ Kamis (1/9/2022).

Dari pertemuan itu, menurut FKJ pihak yayasan dan manajemen sangat merespon peluang kerjasama itu. Apalagi saat ini di Kota Palopo sedang berlangsung pembangunan sekolah Islam milik Pemerintah Kota Palopo.

“Mereka (pihak Al Azhar) mengatakan bahwa ini sudah tawaran ketiga dari sebelumnya ada beberapa daerah juga yang berminat membuka Al Ashar di daerah Jawa timur dan jawa tengah, ” ucapnya.

Hingga saat ini, progres pembangunan gedung Islamic Center sudah mencapai 65%. Dimana bangunan sudah didesain kompleks. Bangunan SD dan TK satu kompleks berikut SMP tersendiri dan SMA juga tersendiri.

” Saya melihat sistem belajar di Al Ashar kelapa gading sudah sangat modern sekali, semua sistem digitalisasi. Bahkan orang tua dapat mengontrol anaknya yang sedang belajar didalam kelas melalui aplikasi yang disediakan, ” Ujarnya.

“Sekolah ini sangat maju,” tutupnya.