Palopo – Anda penggemar durian ? sepertinya saat ini salah satu waktu tepat untuk merasakan lesat dan legitnya buah durian. Pada awal tahun ini , Palopo kembali “ diserbu “ buah durian.  Tak ayal lagi sejumlah pedagang musiman kembali bermunculan disejumlah tepian jalan dalam Kota Palopo.  Salah satu tempat pedagang durian yang sering dikunjungi masyarakat  adalah yang berada tepat di depan Istana Kedatuan Luwu.  Melimpahnya buah durian pada awal tahun 2020 menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang di Kota Palopo.

Meski usaha musiman tersebut hanya berlangsung beberapa saat saja, namun mereka sedikit tampak kewalahan meladeni banyaknya pesanan dari masyarakat khususnya penggemar buah durian. Nurhidayat, salah satu pedagang yang menjajakan buah duriannya di depan istana kedatuan Luwu ketika ditemuia kru www.palopokota.go.id , Kamis(9/1/2020)  mengaku bahwa durian yang dijual olehnya dapat laku antara 40 sampai 80 talaja ( ikat )  per hari dengan harga  kisaran antara Rp.30 ribu sampai 50 ribu tergantung jenis dan asal duriannya.  “ Kami bahkan mampu menjual sampai 100 ( seratus ) talaja saat akhir pekan dengan keuntungan mencapai Rp. 500.000,- “  ucapnya dengan wajah sumringah seraya menambahkan bahwa beberapa jenis durian yang mereka jajakan diantaranya durian mentega, otong, dan durian Sawerigading. 

Nurhidayat menambahkan bahwa selain warga Kota Palopo, sejumlah pembeli dan penikmat durian juga berasal dari luar Kota Palopo. Bahkan tak jarang dari pembeli tersebut menikmati langsung buah durian di lapak yang disiapkan ditempat penjualan.  Dirinya berharap dengan musim durian ini akan mampu menggerakan ekonomi kerakyatan. Sementara itu, Kabid promosi wisata Disparekraf Palopo, M.Ridha mengatakan bahwa dengan adanya musim durian saat ini dapat dijadikan sebagai momentum promosi potensi pariwisata Kota Palopo apalagi menurutnya kualitas durian Kota Palopo sangat bagus. “  Lebih asyik lagi kalau makan durian di Kota Palopo “ ucapnya seraya berharap kedepan akan ada event festival buah durian untuk lebih membuat masyarakat antusias menikmati buah durian.  Dirinya juga mengajak bagi siapaun untuk dapat menyajikan buah durian dengan pola penyajian dan kemasan yang berbeda, misalnya kopi durian yang memang unik dan nikmat disantap sehingga memiliki nilai jual tinggi tersendiri. ( Risda_Vovi _ red_Diskominfo Palopo )