Palopo – Wakil Wali Kota Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso dan Sekretaris Daerah Kota Palopo H. Jamaluddin, SH., MH menyerahkan surat pernyataan kesediaan pemotongan gaji untuk pembayaran zakat setiap bulannya melalui rekening Bank Pembangunan Daerah Cabang Palopo. Penyerahan dilakukan kepada Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palopo H.Muchtar Basir, MM di ruang kerja masing-masing, senin (11/1/2019).  Sebelum penyerahan surat pernyataan terlebih dahulu dilakukan rapat di ruang kerja Sekda Kota Palopo yang dipimpin oleh Sekda Kota Palopo dan dihadiri oleh seluruh kepala bagian di Sekretariat Daerah Kota Palopo. 

Sekda Palopo menyatakan bahwa rapat tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Walikota Palopo Nomor 99/I/2018 yang menekankan bahwa bagi PNS yang pendapatan atau gaji bersih yang diterima setiap bulan tidak mencapai nizab zakat maka cukup dengan membayar infaq. Adapun nizab zakat yang telah diatur oleh pemerintah melalui Badan Amil Zakat Nasional adalah setara dengan 524 kilogram beras atau sebesar Rp. 5.240.000,-.  “Jika pendapatan atau gaji bersih pegawai mencapai Rp.5.240.000,- maka wajib hukumnya mengeluarkan zakat sebesar 2,5% dari nilai pendapatan bersihnya,” jelasnya.  Untuk besaran nilai infaq tambah Muchtar Basir, sesuai yang tertuang dalam SK Walikota adalah sebesar Rp.100.000,- untuk pegawai golongan IV. Sementara untuk pegawai golongan III sebesar Rp. 50.000,- dan pegawai golongan II sebesar Rp. 20.000,-.

Sebelumnya, Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir juga telah menyerahkan surat permohonan kepada Bank SulSelBar melalui Baznas untuk memotong langsung zakat pendapatan jasanya sebagai Wali Kota Palopo sebesar 2,5 % setiap bulannya ke rekening Baznas. Dirinya berharap agar langkah yang ditempuh tersebut dapat diikuti oleh masyarakat. ( red_Diskominfo Palopo )