Palopo -  Sektor pertanian adalah merupakan salah satu tumpuan utama ekonomi bangsa Indonesia.  Karaena itu, pengembangan dan peningkatan program pertanian harus digenjot demi mewujudkan kemajuan sector pertain, sebab kemajuan sector pertanian akan sangat menentukan kemajuan bangsa Indonesia.  Penegasan itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Palopo, DR.H.Rahmat Masri Bandaso (RMB ) saat menghadiri dan membuka secara resmi seminar seminar regional & PKPP Bina Desa 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Andi Djemma Palopo di auditorium Saokotae, Rabu(27/11/2019 .

RMB menambahkan bahwa seiring dengan perkembangan revolusi 4.0 maka sektor pertanian juga hendaknya diadaptasikan dengan perkembangan zaman tersebut. “ Kita harapkan mahasiswa setelah menyelesaikan studinya diharapkan mampu turun membantu petani dalam memajukan pertanian, mari kita wujudkan wirausahawan pada bidang agro“ ujarnya seraya mengajak mahasiswa pertanian Universitas Andi Djemma Palopo agar turut melakukan pendampingan pembangunan di desa.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor II Universitas Andi Djemma Palopo,  Dr.Bachtiar, MM  menyatakan agar semua pihak mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman khususnya memasuki era revolusi industry 4.0. Dirinya berharap semua pihak mampu berkolaborasi untuk mewujudkan ekspektasi menghdapai era revolusi 4.0.

Berkaitan dengan pemanfaatan dana desa, DR.Bahtiar menyarankan agar setiap desa mampu berdaya saing dan mandiri dengan potensi dana desa yang dimilikinya. “ Manfaatkan dana desa untuk mendorong potensi keunggulan yang terdapat di desa” . Turut hadiri sebagai pembicara dalam seminar yang diikuti ratusan mahasiswa tersebut yakni, Afrianto Nurdin, S.Pd.M.Si ( Direktur Celebes Depelovment Centre ), Dra. Idawati, M.Si ( Ketua Lembaga penjamin Mutu Universitas Andi Djemma ) dan Bahtiar Manajeng, SP ( Sekretaris FISPI BPW SulSel ).  ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )